Ratusan Perwira TNI Dimutasi: Pangdam, Kapuspen hingga Dankodiklat

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi terhadap 183 perwira tinggi di lingkungan TNI.

Mutasi tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 18 Desember.

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Secara rinci, mutasi dilakukan kepada 97 perwira tinggi TNI AD, 54 perwira tinggi TNI AL, dan 32 perwira tinggi TNI AU.

Beberapa di antaranya adalah Marsdya Donni Ermawan yang dimutasi dari jabatan Sekjen Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Lalu, Laksdya Maman Firmansyah dimutasi dari Wagub Lemhannas menjadi Dankodiklat TNI. Maman bertukar jabatan dengan Letjen Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat Dankodiklat TNI.

Mayjen Widi Prasetijono ditunjuk menjadi Dankodiklatad. Widi meninggalkan jabatan Pangdam IV/Diponegoro yang diserahkan kepada Mayjen Tandyo Budi Revita.

Jabatan yang ditinggalkan Tandyo yakni Kabadiklat Kemhan kemudian diisi oleh Mayjen Zainul Arifin yang sebelumnya adalah Staf Ahli Menhan Bid Keamanan.

Mayjen Bobby Rinal Makmun ditunjuk menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin menggantikan Mayjen Totok Imam. Bobby sebelumnya adalah Dansecapaad, sementara Totok kemudia ditunjuk menjadi Direktur Pascasarjana Unhan.

Laksda Julius Widjojono dimutasi dari Kapuspen TNI menjadi Staf Khusus KSAL. Penggantinya adalah Brigjen Nugraha Gumilar yang sebelumnya Pa Sahli TK.II KSAD Bid.Kamteror.

Laksma Agus Rustandi dimutasi dari Dansatsiber TNI menjadi Staf Khusus KSAL. Posisinya digantikan Brigjen Ari Yulianto yang sebelumnya Asops Kaskogabwilhan III.

Kemudian, Kolonel Pas Solihin ditunjuk menjadi Wakil Komandan Paspampres menggantikan Brigjen (Mar) Oni Juniarto.

Solihin sebelumnya adalah Asops Kopasgat sementara Oni dimutasi menjadi Pa Sahli Tk.III Bid. Banusia Panglima TNI.

Selain itu, Brigjen (Mar) Feryanto Pardamean ditunjuk jadi Wakil Komandan Koopsus TNI menggantikan Brigjen (Mar) Supriyono. Feryanto sebelumnya adalah Kadiswatpersal, sementara Supriyono akan menempati jabatan Ir Kormar.

Ada juga nama Marsda Donal Kasenda yang dimutasi dari Pangkoopsud III menjadi Kas Koopsudnas. Posisinya digantikan Marsma Benny Arfan yang sebelumnya adalah Kapuskersin TNI.