Mantan Punggawa Timnas untuk Skuad Indonesia Hadapi Iraq di Piala Asia 2023

Bicara Piala Asia 2023 Qatar, saya ingin sedikit bernostalgia dengan Piala Asia 2007 yang saat itu digelar di empat negara. Yaitu, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Saat itu boleh dikatakan menjadi momen spesial bagi saya.

Bukan karena saya selalu dipercaya Ivan Kolev untuk menjadi starter dalam tiga pertandingan fase grup D melawan Bahrain, Arab Saudi, dan Korea Selatan. Tapi, momen itu spesial karena saya bisa tampil membela tim Merah Putih pada ajang sepak bola paling bergengsi di Asia.

Kami semua saat itu ingin membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing dengan para kompetitor. Semangat itu dibuktikan dengan kesuksesan Indonesia mengalahkan Bahrain 2-1 di laga pertama.

Sekarang era saya di timnas sudah selesai. Saya pensiun dari timnas Indonesia dengan kegagalan besar. Saya tidak pernah membawa Merah Putih meraih juara dalam ajang apa pun.

Sekarang era sudah berganti. Indonesia pun kembali berlaga di Piala Asia setelah menunggu selama 16 tahun. Piala Asia 2023 Qatar memang lebih sulit dibandingkan Piala Asia 16 tahun lalu. Selain karena tak lagi menjadi tuan rumah, kali ini Indonesia kembali berada satu grup dengan lawan-lawan tangguh: Iraq, Vietnam, dan Jepang.

Kita semua tahu reputasi mereka. Iraq adalah tim yang mengalahkan Indonesia 5-1 dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 16 November lalu. Vietnam adalah salah satu tim terbaik di Asia Tenggara. Lalu, Jepang adalah raksasa sepak bola Asia.

Tapi, jika melihat kekuatan timnas Indonesia sekarang, rasa-rasanya saya kok optimistis bisa menggapai prestasi yang lebih baik. Materi pemain yang dimiliki Indonesia pun jauh lebih baik. Dulu, semua pemain timnas bermain di kompetisi domestik. Sekarang, sudah banyak pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Karena itu, saya meyakini Indonesia bisa meraih hasil maksimal. Termasuk saat Indonesia berhadapan dengan Iraq dalam laga perdana grup D hari ini di Ahmed bin Ali Stadium, Al Rayyan, pukul 17.30 waktu setempat atau 21.30 WIB. Saya yakin pelatih Shin Tae-yong sudah menyiapkan cara paling pas disesuaikan karakter lawan.

Ya, Indonesia jangan sampai kehilangan poin dari Iraq. Sebab, sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia dalam empat edisi Piala Asia sebelumnya, kita tidak pernah kalah pada laga perdana.

Sebelum tampil di Piala Asia 2023 Qatar, saya ingin berpesan kepada para penggawa Garuda. Tolong maksimalkan setiap kesempatan yang ada. Piala Asia adalah ajang yang sangat bergengsi di Asia. Kalian akan mendapatkan pengalaman yang berharga. Nikmati dan maksimalkan

 

SUMBER : BOLANET