Ngarep Bakal Balikan, Marc Marquez Emosional Jalani Balapan Terakhir Bareng Repsol Honda

JOKERBOLA– Marc Marquez merasa emosional jelang balapan terakhirnya bersama Honda di MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 24-26 November 2024. Meski sudah memutuskan hengkang ke Gresini Racing, Marquez mengaku tak bisa membayangkan bekerja dengan tim selain Repsol Honda.

Usai berkolaborasi selama 11 tahun dan meraih 6 gelar dunia, Marquez dan Honda memilih berpisah akhir musim ini. Keputusan ini diambil Marquez usai empat tahun yang kelam, ditambah buruknya performa RC213V musim ini. Ia pun memilih pindah ke Ducati lewat Gresini Racing.

“Akhir pekan ini takkan mudah. Saya harus menyingkirkan sisi emosional saya karena kami adalah keluarga. Ini akan jadi akhir pekan yang berbeda, bukan karena ketegangan, melainkan emosi yang secara alami akan muncul,” ungkap Marquez kepada GPOne pada Kamis (24/11/2023).

Ogah Sebut Balapan Terakhir Bareng Honda

Meski begitu, Marquez menolak untuk menyatakan bahwa MotoGP Valencia akan jadi balapan terakhirnya bareng pabrikan Sayap Tunggal. Delapan kali juara dunia ini masih berharap bisa kembali membela Repsol Honda pada masa mendatang, sebelum dirinya pensiun.

“Saya tak mau bilang ini balapan terakhir saya dengan Honda, karena Anda takkan pernah tahu. Namun, ini jelas akhir dari sebuah era, bab yang baik dalam karier saya, di mana kami meraih enam gelar dunia,” ungkap pembalap berusia 30 tahun ini.

Hubungan dengan Honda Sangat Baik

Marquez pun takkan memboyong krunya dari Repsol Honda ke Gresini Racing, dan hanya membawa satu mekanik, yakni Javier Ortiz. Ia bahkan tidak memboyong sang crew chief, Santi Hernandez, yang sudah bekerja dengannya sejak Moto2 2011. Musim depan, ia akan bekerja dengan Frankie Carchedi

“Saya akan coba nikmati balapan terakhir ini dengan mereka, karena tak mudah membayangkan bekerja dengan tim lain. Ini keputusan saya, tapi akan saya habiskan akhir pekan ini dengan mereka. Hubungan saya dengan Honda sangat menakjubkan dan saya ingin mengakhiri musim ini dengan hasil baik,” tutupnya.

Sumber: GPOne