Trophy Experience Piala Dunia U-17 2023 Berakhir di Solo

JOKERBOLA– Rangkaian Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 berakhir di Solo, Jawa Tengah. Trofi Piala Dunia U-17 2023 dipamerkan ke publik pada Minggu (22/10/2023) pagi WIB.

Momen ini sekaligus penanda Indonesia siap menjadi sorotan dunia dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang mulai bergulir 10 November.

Pada kesempatan Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 di Solo terlihat hadir Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Keduanya larut dalam pawai Trophy Experience Piala Dunia U-17 2023 bersama ribuan warga Surakarta. Masyarakat memadati jalan dari Stadion Sriwedari menuju kawasan Pura Mangkunegaraan.

Erick Thohir menyebut jika melihat animo Kota Solo, serta kesiapan stadion, infrastruktur, pemerintah kota, dan warga di bawah arahan Walikota, Gibran, ia percaya ajang Piala Dunia U-17 2023 di Solo secara akan berlangsung lancar dan sukses.

“Dengan sisa waktu yang ada, ayo kita sambut pesta sepak bola dunia yang akan menjadi sejarah bagi Indonesia,” ujar Erick Thohir.

Arak-arakan

Trophy Experience di Solo dimulai dari pawai bola raksasa sejak dari Stadion Sriwedari, Pasar Antik Triwindu hingga Pura Mangkunegaraan (Gapura Ngarsopuro).

Selain Erick dan Gibran, arak-arakan itu diikuti prajurit Pura Mangkunegaraan, penari Mangkunegaraan, drum band, bintang-bintang klub Persis Solo.

“Saya mewakili warga Solo siap menyukseskan Piala Dunia U-17 2023, yang tak hanya babak penyisihan, tapi juga hingga semifinal dan final yang akan berlangsung di Stadion Manahan,” kata Gibran.

“Kami tidak akan menyia-yiakan kepercayaan yang diberikan pak Erick sebagai Ketum PSSI dan pemerintah pusat kepada Solo yang akan menjadi perhatian kancah sepakbola dunia,” lanjutnya.

Antusias

Kanjeng Gusti Mangkoenegara X dan Plt Gubernur Jateng, Nana Sudjana yang menyambut kedatangan pawai di Gapura Ngapuro juga antusias akan kedatangan trofi di Solo yang menandakan tak lama lagi pesta sepakbola yang diikuti 24 negara siap bergulir.

“Sebuah kebanggaan karena Kota Solo dan seluruh warganya mendapat kehormatan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia sepakbola. Ini akan terus diingat sehingga kami siap memberikan yang terbaik dalam menjamu tamu dan tim-tim yang datang,” jelas Kanjeng Gusti Mangkoenegara X.

Hal senada juga diungkapkan Nana Sudjana. Bahkan Plt Gubernur Jateng menyatakan siap memberikan dukungan maksimal bagi Solo sehingga kota ini menjadi salah satu tuan rumah terbaik dalam memberikan layanan keamanan dan kenyamanan bagi penonton serta tim, ofisial, dan panpel.

“Jawa Tengah siap menjadi bagian penting dalam kesuksesan Piala Dunia U-17 ini. Karena itu, kami telah mengerahkan segala upaya dukungan agar semua kegiatan terkait Piala Dunia di Solo ini berjalan lancar. Sukses Solo juga menjadi sukses Jawa Tengah,” ucap Nana Sudjana.

Acara Hiburan

Serupa di tiga kota sebelumnya, Jakarta, Bandung, dan Surabaya, banyak acara hiburan rakyat di event Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 di Solo.

Warga Kota Batik tak hanya bisa melihat lebih dekat, tapi juga berfoto bersama trofi Piala Dunia U-17 yang dipamerkan di Pura Mangkunegaraan, depan Gedung Kavallerie-Artillerie.

“Trofi tur ini tepat untuk sosialisasi Piala Dunia U-17. Saya optimistis warga Solo juga ingin jadi bagian sejarah ajang bergengsi ini dengan menonton calon-calon bintang sepakbola masa depan secara langsung di Stadion Manahan,” tambah Erick.

Solo akan mementaskan persaingan penyisihan Grup B Piala Dunia U-17 2023 yang terdiri dari Spanyol, Kanada, Uzbekistan, dan Mali. Stadion Manahan juga menjadi arena laga babak 16 besar, perempatfinal, semifinal, dan final.

Sumber dari: Bola.com/Penulis Hendry Wibowo
Published: 5/11/2023