Tidak Biasa di Indonesia! Pembukaan Piala Dunia U-17 Tanpa Pidato dan Sambutan dari Pejabat

JOKERBOLA– Ada yang menarik pada upacara pembukaan (opening ceremony) Piala Dunia U-17 2023. Tidak seperti lazimnya momen serupa di Indonesia, tidak ada sambutan atau kegiatan seremonial di pembukaan Piala Dunia U-17.

Piala Dunia U-17 2023 resmi dibuka pada Jumat (10/11/2023) kemarin. Acara pembukaan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Setelah upcara pembukaan, ada laga seru antara Timnas Indonesia U-17 vs Ekuador. Kedua tim menunjukkan perjuangan yang gigih. Hanya saja, tidak ada pemenang pada duel itu dan mereka harus puas dengan skor 1-1.

Sebelum upacara pembukaan, di Stadion Gelora Bung Tomo juga dimainkan laga antara Panama dan Maroko mulai pukul 16.00 WIB. Maroko meraih kemenangan dengan skor 2-0 pada laga itu.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Jokerbola.

Tanpa Sambutan, Hanya 8 Menit!

Upacara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 dimulai pada pukul 18.40 malam WIB. 20 penari naik ke atas panggung dan lampu utama stadion dimatikan. Lalu, ada imbauan agar penonton menyalakan flashlight di ponsel masing-masing.

Setelah itu, Aurelie Moeremans naik ke atas panggung. Perempuan berdarah Indonesia-Belgia itu menyanyikan dua lagu yakni No Comment dan Rungkad. Disusul Wika Salim yang melantunkan lagi We are together dan ditutup dengan kembang api.

Selanjutnya, tak ada seremonial lain. Para pemain segera masuk lapangan untuk sepak mula. Tak ada pidato bagi para pejabat yang hadir. Tak ada pula sepak mula simbolis yang dilakukan oleh para pejabat.

Padahal, pembukaan Piala Dunia U-17 2023 dihadiri Presiden Joko Widodo dan para menterinya. Lalu ada Presiden FIFA, Gianni Infantino. Mereka sama sekali tidak memberi sambutan, atau bahkan sekadar turun ke lapangan untuk menyalami pemain.

Tidak Lazim di Indonesia

Apa yang terjadi di Stadion Gelora Bung Tomo bisa dibilang tidak lazim bagi publik Indonesia. Sebab, untuk acara pembukaan, biasanya ada pejabat yang berpidato atau memberi sambutan. Lalu, ada seremoni lain seperti memukul gong atau lainnya.

Sebagai perbandingan, ketika Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018, ada beberapa rangkaian acara di upacara pembukaan. Salah satunya ada pidato dari Presiden Joko Widodo.

Nah, di Piala Dunia U-17 2023, nama Presiden Joko Widodo hanya diumumkan kedatangannya oleh petugas pada pukul 18.39. Pada kesempatan yang sama, petugas juga mengumumkan kedatangan Gianni Infantino dan Erick Thohir.

Momen Hari Pahlawan

Ketua PSSI, Erick Thohir, senang dengan suksesnya pembukaan Piala Dunia U-17 2023. Selain itu, Erick Thohir juga memberi apresiasi pada perjuangan Arkhan Kaka dan kolega di lapangan yang menurutnya telah menjiwai semangat hari pahlawan.

“Alhamdulillah tepat di hari pahlawan (10 November) dan stadion yang memakai nama Bung Tomo, anak-anak menunjukkan semangat tak mau kalah,” ujar Erick Thohir.

“Hari bersejarah ini alhamdulillah kita meraih hasil yang bersejarah bagi sepak bola Indonesia yang merebut poin pertamanya di Piala Dunia,” sambung pria berusia 53 tahun itu.

Jadwal Pertandingan Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Jumat, 10 November 2023
Indonesia Vs Ekuador
Gelora Bung Tomo
Pukul 19.00 WIB

Senin, 13 November 2023
Indonesia Vs Panama
Gelora Bung Tomo
Pukul 19.00 WIB

Kamis, 16 November 2023
Maroko Vs Indonesia
Gelora Bung Tomo
Pukul 19.00 WIB

Sumber:Bola.net/Asad Arifin