Skenario Man United dan AC Milan Lolos 16 Besar Liga Champions: Butuh Keajaiban

Manchester United dan AC Milan dalam situasi sulit di Liga Champions. Mereka butuh kejaiban untuk lolos ke babak 16 besar.

Pertandingan terakhir fase grup Liga Champions 2023-2024 bakal digelar pada tengah pekan ini.

Sejumlah klub top seperti Bayern Muenchen, Real Madrid, dan sang juara bertahan Manchester City telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar.
Sementara itu, dua tim mantan juara yakni Manchester United dan AC Milan dalam situasi sulit untuk lolos ke fase gugur.

MU terancam tersingkir dari Eropa

Dari Grup A, Bayern Muenchen menjadi satu-satunya tim yang sudah mengamankan tiket ke babak 16 besar Liga Champions 2023-2024.

Bayern saat ini menguasai posisi puncak klasemen Grup A dengan nilai 13, hasil dari empat kali menang dan sekali imbang.

Satu tiket sisa dari Grup A sebagai pendamping Bayern bakal menjadi rebutan FC Copenhagen, Galatasaray, dan Manchester United.

FC Copenhagen saat ini menempati peringkat dua dengan nilai lima, unggul selisih gol atas Galatasaray yang menghuni peringkat tiga.

Adapun Man United yang mengemas nilai empat terdampar di dasar klasemen. Pasukan Erik ten Hag pun membutuhkan keajaiban untuk lolos ke 16 besar.

Pada matchday pamungkas, Man United akan menjamu Bayern di Stadion Old Trafford, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB. Sementara itu di Stadion Parken, tuan rumah FC Copenhagen bakal meladeni Galatasaray.

Jika ingin lolos ke babak 16 besar, Man United wajib menang atas Bayern Muenchen sambil berharap laga Copenhagen vs Galatasaray berakhir imbang.
Namun, jika kalah dari Bayern, Man United bakal terdepak dari kompetisi Eropa musim ini.

Milan butuh bantuan Dortmund

Situasi sulit juga dialami juara Liga Champions tujuh kali, AC Milan. Saat ini, I Rossoneri menghuni dasar klasemen Grup F dengan nilai lima.
Adapun pemuncak klasemen Grup F ditempati Borussia Dortmund yang mengumpulkan nilai 10, sekaligus memastikan diri lolos 16 besar.

Di bawah Dortmund secara berurutan ada Paris Saint-Germain (nilai 7) lalu Newcastle United (5, unggul selisih gol atas Milan).

Pada matchday terakhir, AC Milan bakal bertamu ke markas Newcastle pada Kamis (14/12/2023) dini hari WIB. Di tempat lain, Dortmund bakal menjamu Paris Saint-Germain (PSG).

Milan tak punya pilihan selain mengalahkan Newcastle jika ingin lolos ke babak 16 besar.

Akan tetapi, kemenangan di markas Newcastle belum cukup bagi I Rossoneri. Mereka butuh bantuan Dortmund untuk mendapatkan tiket ke fase gugur.
Milan akan lolos 16 besar jika menang atas Newcastle dan Dortmund bisa menaklukkan PSG.

Namun, jika laga Dortmund vs PSG imbang, kemenangan Milan atas Newcastle akan sia-sia karena I Rossoneri kalah rekor head-to-head.

SUMBER:KOMPAS