Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Polandia di Euro 2024

JOKERBOLAProfil tim, daftar pemain, dan jadwal Timnas Polandia di Euro 2024. Timnas Polandia merupakan salah satu tim kuda hitam yang patut diperhitungkan di Piala Eropa 2024 kali ini.

Polandia lolos ke Euro 2024 lewat jalur play off. Robert Lewandowski dkk. sejatinya bermain kurang impresif di babak kualifikasi. Mereka hanya finis di peringkat ketiga Grup E, di bawah Albania dan Republik Ceko.

Beruntung, Polandia mendapat jatah satu tempat di babak play off lewat jalur UEFA Nations League. Di play off, Polandia sukses menyingkirkan Estonia dan Wales.

Di Euro 2024, Timnas Polandia berada di Grup D. Mereka harus menantang dua tim unggulan, Prancis dan Belanda. Selain ketiganya, di grup ini juga terdapat Austria.

Pemain Bintang: Robert Lewandowski

Robert Lewandowski harus diakui masih menjadi bintang utama Polandia. Torehan 82 gol dari 148 caps yang dikoleksi bomber Barcelona tersebut sudah cukup untuk menjawabnya.

Meski kini sudah berusia 35 tahun, ketajaman Lewandowski di depan gawang lawan masih sangat mumpuni. Lewandowski pun bakal sangat diandalkan untuk membobol gawang lawan.

Tak cuma menjadi andalan di lini depan, Lewandowski juga berstatus sebagai kapten tim. Lewandowski pun bakal berperan menularkan segudang pengalamannya untuk rekan-rekannya yang masih muda.

Profil Pelatih: Michal Probierz

Performa buruk Polandia di babak kualifikasi membuat federasi memecat Fernando Santos dari kursi pelatih. Sebagai pengganti, federasi sepak bola Polandia membuat kejutan dengan menunjuk Michal Probierz pada September 2023 lalu.

Probierz pun menjawab kepercayaan tersebut dengan sukses membawa Polandia ke putaran final lewat kemenangan adu penalti atas Wales di final play off.

Kini, Probierz memiliki tugas berat di Euro 2024. Pasalnya, tim asuhannya dikepung dua raksasa plus satu tim kuda hitam lainnya. Menarik dinanti bagaimana kiprah Probierz bersama Polandia di Jerman nanti.

Skuad Timnas Polandia

  • Kiper: Wojciech Szczesny (Juventus), Marcin Bulka (Nice), Mateusz Kochalski (Stal Mielec), Lukasz Skorupski (Bologna)
  • Belakang: Jan Bednarek (Southampton), Bartosz Bereszynski (Empoli), Pawel Bochniewicz (Heerenveen), Jakub Kiwior (Arsenal), Bartosz Salamon (Lech Poznan), Tymoteusz Puchacz (Kaiserslautern), Pawel Dawidowicz (Verona), Sebastian Walukiewicz (Empoli)
  • Gelandang: Przemyslaw Frankowski (Lens), Kamil Grosicki (Pogon Szczecin), Jakub Moder (Brighton), Taras Romanczuk (Jagiellonia Bialystok), Damian Szymanski (AEK Athens), Michal Skoras (Brugge), Nikola Zalewski (Roma), Jakub Piotrowski (Ludogorets), Bartosz Slisz (Atlanta United), Sebastian Szymanski (Fenerbahce), Kacper Urbanski (Bologna), Piotr Zielinski (Napoli), Jakub Kaluzinski (Antalyaspor)
  • Penyerang: Adam Buksa (Antalyaspor), Arkadiusz Milik (Juventus), Robert Lewandowski (Barcelona), Krzysztof Piatek (Basaksehir), Kamil Swiderski (Verona).

*Skuad sementara. Bakal dilakukan pencoretan pemain sebelum turnamen dimulai.

Jadwal Pertandingan Polandia di Euro 2024

Berikut adalah jadwal lengkap Polandia di fase grup Euro 2024:

Minggu, 16 Juni 2024
20.00 WIB: Polandia vs Belanda

Jumat, 21 Juni 2024
23.00 WIB: Polandia vs Austria

Selasa, 25 Juni 2024
23.00 WIB: Prancis vs Polandia

SUMBER: Ari Prayoga, Bola.net