Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Swiss di Euro 2024

JOKERBOLAProfil tim, daftar pemain, dan jadwal Timnas Swiss di Euro 2024. Timnas Swiss merupakan salah satu tim kuda hitam yang patut diperhitungkan di Piala Eropa 2024 kali ini.

Swiss lolos ke Euro 2024 dengan status sebagai runner up Grup I di babak kualifikasi. Meski tergabung di grup yang relatif mudah, perfoma Swiss bisa dibilang tak terlalu meyakinkan dengan lima kali bermain imbang dari 10 laga.

Apa pun itu, yang pasti Swiss kini sudah ada di putaran final. Granit Xhaka dkk. pun bertekad mengulangi atau bahkan melebihi prestasi mereka yang melaju hingga perempat final di Euro 2020 lalu.

Di Euro 2024, Timnas Swiss berada di Grup A. Mereka harus menantang sang tuan rumah sekaligus unggulan utama, Jerman. Selain keduanya, di grup ini juga terdapat Skotlandia dan Hungaria.

Pemain Bintang: Granit Xhaka

Granit Xhaka bisa dibilang menjadi bintang paling bersinar dari skuad Swiss saat ini. Performanya bersama Bayern Leverkusen musim 2023/2024 kemarin tak bisa dipandang sebelah mata.

Xhaka memimpin skuad Leverkusen untuk mencatat rekor juara Bundesliga dengan tak terkalahkan selama semusim penuh. Ia juga membawa timnya menjuarai DFB Pokal dan lolos ke final Liga Europa.

Musim fantastis bersama Leverkusen jelas menjadi modal yang sangat bagus bagi Xhaka di Euro kali ini. Bertindak sebagai kapten tim, Xhaka berharap bisa menularkan mentalitas pemenang kepada timnya.

Profil Pelatih: Murat Yakin

Murat Yakin menangani Timnas Swiss sejak Agustus 2021 silam. Ia berjasa besar meloloskan negaranya ke putaran final Piala Dunia 2022 lalu dengan mengungguli Italia di kualifikasi.

Murat Yakin membawa Swiss melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sayang, di fase tersebut tim asuhannya harus mengakui keunggulan Portugal dengan skor telak 1-6.

Euro 2024 pun menjadi ujian sesungguhnya bagi Murat Yakin. Jika tak memenuhi ekspektasi, bukan tidak mungkin federasi sepak bola Swiss akan memecatnya.

Skuad Timnas Swiss

Kiper: Yann Sommer (Inter Milan), Yvon Mvogo (Lorient), Gregor Kobel (Borussia Dortmund), Marvin Keller (Winterthur), Pascal Loretz (Luzern)

Bek: Ricardo Rodriguez (Torino), Fabian Schar (Newcastle United), Manuel Akanji (Manchester City), Nico Elvedi (Borussia Monchengladbach), Silvan Widmer (Mainz 05), Kevin Mbadu (Augsburg), Ulisses Garcia (Marseille), Cedric Zesigner (Wolfsburg), Leonidas Stergiou (Stuttgart), Aurele Amenda (Young Boys), Albuan Hajdari (Lugano), Bryan Okoh (Red Bull Salzburg).

Gelandang: Granit Xhaka (Bayer Leverkusen), Xherdan Shaqiri (Chicago Fire), Remo Freuler (Bologna), Denis Zakaria (Monaco), Michel Aebischer (Bologna), Fabian Rieder (Rennes), Uran Bislimi (Lugano), Ardon Jashari (Luzern ), Filip Ugrinic (Young Boys), Vincent Sierro (Toulouse).

Penyerang: Breel Embolo (Monaco), Steven Zuber (AEK Athens), Ruben Vargas (Augsburg), Renato Steffen (Lugano), Noah Okafor (AC Milan), Zeki Amdouni (Burnley), Andi Zeqiri (Genk), Dan Ndoye (Bologna ), Kwadwo Duah (Ludogorets), Joel Monteiro (Young Boys).

Pelatih: Murat Yakin.

Jadwal Pertandingan Swiss di Euro 2024

Berikut adalah jadwal lengkap Swiss di fase grup Euro 2024:

Sabtu, 15 Juni 2024
20.00 WIB: Hungaria vs Swiss

Kamis, 20 Juni 2024
02.00 WIB: Skotlandia vs Swiss

Senin, 24 Juni 2024
02.00 WIB: Swiss vs Jerman

SUMBER: Ari Prayoga, Bola.net