Potensi 5 Polemik Sponsor Jika Marc Marquez Pindah ke Ducati Lenovo Team di MotoGP 2025

JOKERBOLAUsai Jorge Martin dipastikan pindah ke Aprilia Racing, kini Marc Marquez berjibaku dengan Enea Bastianini untuk memperebutkan kursi kedua Ducati Lenovo Team di MotoGP 2025. Kini, banyak pihak waswas menanti keputusan General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna.

Saat ini, Martin duduk di puncak klasemen pembalap, dan sempat menjadi kandidat utama rider Ducati Lenovo Team. Namun, Aprilia Racing secara mengejutkan mengumumkan kedatangannya ke skuad pabrikan pada Senin (3/6/2024). Hal ini otomatis membuat pilihan Ducati mengerucut: Marquez atau Bastianini.

Kans menaungi rider sekaliber Marquez pun sulit dilewatkan oleh Ducati. Namun, untuk menaungi sang rider bernomor 93 ini, ada beberapa polemik sponsor yang bisa terjadi di dalam kubu Ducati Lenovo Team. Setidaknya ada lima sponsor kedua pihak yang merupakan kompetitor.

Jika benar-benar ingin membela ‘Tim Merah’, maka Marquez harus rela memutuskan para sponsornya, yang sudah begitu lama mendukungnya. Sponsor apa saja sih? Berikut ulasannya seperti yang dilansir Motorsport.com, Rabu (15/5/2024).

Sponsor Minuman Berenergi

Sepanjang kariernya, Marquez disponsori secara pribadi oleh Red Bull. Ia bahkan menjadi salah satu kunci penting bergabungnya Red Bull ke tim pabrikan Honda sebagai co-sponsor pada 2015 lalu. Sebagai bukti setia, Red Bull juga berhenti menjadi sponsor Repsol Honda usai Marquez memilih pindah ke Gresini.

Meski Marquez pindah ke Ducati lewat Gresini, ia masih disponsori oleh Red Bull. Ini bukti bahwa ia merupakan salah satu atlet Red Bull terpenting. Di lain sisi, sejak 2022, Ducati Lenovo Team mendapatkan kesepakatan kolaborasi dengan Monster Energy, kompetitor utama Red Bull. Kontraknya baru akan habis pada akhir 2025 nanti.

Sponsor Perangkat Elektronik

Sejak 2018, Lenovo telah menjadi mitra teknologi tim pabrikan Ducati, dan mereka berekspansi menjadi sponsor utama skuad tersebut sejak 2021. Lenovo jadi bagian penting dalam pengembangan motor Desmosedici, mengingat banyak perangkat elektronik seperti laptop, tablet, dan ponsel disediakan untuk aktivitas Tim Merah.

Di lain sisi, Marquez juga sudah lama disponsori secara pribadi oleh Samsung, yang tentunya merupakan salah satu kompetitor besar Lenovo di kancah pemasaran gawai elektronik. Samsung juga menyediakan berbagai perangkat bagi Marquez untuk mempermudah kegiatannya sehari-hari, baik di rumah maupun di sirkuit.

Sponsor Asuransi

Tim pabrikan Ducati sudah lama bekerja sama dengan perusahaan asuransi Unipolsai sejak 2017, dan kontrak mereka baru akan habis pada akhir 2025 nanti.

Di lain sisi, Marquez dan sang adik, Alex Marquez, juga sudah lama berkolaborasi dengan perusahaan asuransi Allianz. Kolaborasi ini bahkan konsisten menghadirkan pelatihan motocross yang dicetuskan Marquez Bersaudara untuk anak-anak Spanyol pada setiap tahunnya.

Sponsor Kacamata

Seperti mayoritas pembalap MotoGP lainnya, Marquez merupakan salah satu rider yang disponsori oleh produsen kacamata Oakley. Mereka bahkan kerap berkolaborasi membuat kacamata dengan desain khas Marquez.

Namun, sejak 2022, Ducati disponsori oleh kompetitor Oakley, Carrera, dengan kesepakatan berdurasi empat tahun, yang artinya baru akan habis pada akhir 2025 nanti.

Sponsor Bir

Marquez juga merupakan salah satu rider MotoGP yang sudah begitu lama berkolaborasi dengan produsen bir asal Spanyol, Estrella Galicia.

Di lain sisi, Ducati Lenovo Team, telah bekerja sama dengan Contadi Castaldi sejak 2016. Contadi Castaldi merupakan mitra resmi penyuplai minuman anggur untuk mereka di MotoGP.

SUMBER: Anindhya Danartikanya, Bola.net