Kepala PPATK Dipanggil Jokowi ke Istana, Lapor soal Kasus SYL

Presiden Joko Widodo memanggil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Salah satu perbincangan dalam pertemuan itu mengenai mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Ivan mengaku melaporkan sejumlah hal tentang kasus SYL.

“Soal beberapa kasus saya sampaikan kepada beliau dan perkembangan-perkembangan terakhir terkait dengan tugas fungsi kami,” kata Ivan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (12/10).

Ivan tak membeberkan detail laporan yang diberikan ke Jokowi. Dia memilih bergegas meninggalkan Istana.

Ivan justru sempat membahas soal laporan lain yang disampaikan ke Jokowi. Salah satunya rencana kerja PPATK dalam waktu dekat.

“Saya arahan-arahan dari beliau terkait kan kita mau sidang financial action task force di tanggal 23-28 besok dalam rangka Indonesia menjadi anggota FATF,” ucapnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan SYL sebagai tersangka kasus korupsi di Kementerian Pertanian. SYL disebut memungut uang dari ASN Kementan untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

KPK menyebut SYL meminta jatah US$4.000 hingga US$10.000 kepada para eselon I. SYL bersama dua anak buahnya meraup Rp13,9 miliar per bulan dari aksi tersebut.

SUMBER:CNN