Wildcard Bareng Ducati di MotoGP Malaysia, Alvaro Bautista Tak Tertekan Lihat Hasil Dani Pedrosa

JOKERBOLA– Setelah menutup musim WorldSBK 2023 dengan gelar dunia kedua di Jerez, Spanyol, Alvaro Bautista belum bisa rehat. Pasalnya, ia harus langsung fokus pada balapan selanjutnya, yakni MotoGP Sepang, Malaysia, di mana ia akan jadi pembalap wildcard Ducati pada 10-12 November 2023.

Usai menjuarai WorldSBK 2022, Bautista dapat hadiah dari Ducati Corse untuk menjalani beberapa tes dengan motor MotoGP Desmosedici GP23 di Sirkuit Misano, Italia, musim ini. Namun, tak disangka-sangka, hadiah lebih besar ia dapatkan, yakni balapan di MotoGP dengan status wildcard.

Ducati pun membebaskan Bautista memilih treknya. Awalnya, ia digosipkan akan balapan di seri kandangnya, yakni di Valencia pada 24-26 November 2023. Namun, pembalap berusia 38 tahun ini lebih memilih Sepang. Pasalnya, trek itu menuntut tenaga motor dan merupakan trek favoritnya.

Situasi Berbeda dari Dani Pedrosa

Bautista pun diharapkan bisa mengulang sukses Dani Pedrosa, test rider KTM, yang musim ini tampil sangat kompetitif di MotoGP Spanyol dan San Marino sebagai rider wildcard. Padahal, ia sudah pensiun pada akhir 2018. Dalam balapan di San Marino, ia bahkan finis keempat.

“Banyak orang berkata kepada saya, ‘Lihat Dani, dia ikut memperebutkan podium’. Dani punya lebih banyak kilometer di atas motor MotoGP dibanding saya. Ia menjalani banyak tes di Misano dan situasinya berbeda,” ungkap Bautista kepada Diario AS pada Selasa (31/10/2023).

Bautista mengaku tak merasa tertekan melihat performa Pedrosa yang sangat kompetitif. Namun, ia senang karena Pedrosa menunjukkan bahwa para rider seusia mereka, terutama yang pernah balapan bersama, punya kualitas yang tak kalah tangguh dari para rider masa kini.

Alasan Pilih Balapan di Sepang

“Saya senang Dani balapan. Ia rider dari generasi saya. Kami sering balapan bersama dan saya senang ia bisa ngotot melawan para rider muda. Saya akan berusaha menikmatinya, di trek favorit saya, yang sangat saya rindukan. Selain itu, kami punya tim dan motor yang sangat baik,” ujar Bautista.

Juara dunia GP125 2006 ini juga mengaku belum memiliki target tertentu. “Tujuan saya adalah menikmati wildcard ini. Bagi Ducati, mungkin lebih mudah balapan di Valencia karena lebih dekat. Namun, treknya kecil dan Anda tak bisa terlalu menikmati MotoGP,” tuturnya.

“Saya tak yakin bisa bersenang-senang di Valencia, jadi itulah mengapa saya pilih Malaysia, karena sirkuitnya besar dan saya suka. Saya punya lebih banyak peluang untuk bersenang-senang,” pungkas Bautista.

Sumber: Diario AS