Suporter Indonesia Gelar Kampanye #DatangBersihPulangBersih di Piala Dunia U-17 2023

JOKERBOLA– Sebuah kampanye positif dilakukan kelompok suporter Indonesia pada gelaran Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Kampanye yang digagas oleh komunitas peduli lingkungan tersebut bertajuk #DatangBersihPulangBersih.

Kampanye ini dibuka dengan aksi bersih-bersih stadion usai laga pembuka Piala Dunia U-17 2023, antara Indonesia U-17 dan Ekuador U-17, di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (10/11).

Pegiat lingkungan, Ikram Afro, memulai aksi bersih-bersih stadion usai laga. Kemudian, aksinya diikuti sejumlah suporter lain yang memadati beberapa penjuru stadion. Walhasil, kondisi stadion sebelum dan sesuai laga pun bersih tanpa sampah.

Aksi bersih-bersih yang dilakukan para suporter ini sangat meringankan kerja para petugas kebersihan stadion. Mereka tak lagi perlu bekerja keras dalam membersihkan stadion. Pasalnya, kondisi Stadion Gelora Bung Tomo kembali bersih, layaknya kondisi sebelum laga.

Ikram Afro, dalam rilis yang diterima Jokerbola, mengajak seluruh suporter menjadikan aksi #DatangBersihPulangBersih sebagai tren dalam setiap pertandingan. Ikram mengatakan, semangat menjaga lingkungan mesti menjadi pola baku bagi setiap orang, terutama suporter.

“Gerakan #KamuBisaBuatIndonesiaBangga! bisa dimulai dari hal kecil, seperti membersihkan sampah,” ujar Ikram.

“Kita bisa menunjukkan jika Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik!” sambungnya.

Ikram juga berharap agar gerakan #DatangBersihPulangBersih tak berhenti. Ia mengajak seluruh suporter melanjutkan kampanye ini pada laga-laga berikutnya.

Simak selengkapnya di bawah ini.

Cermin Nasionalisme Suporter

Lebih lanjut, gerakan #DatangBersihPulangBersih pun mendapat acungan jempol dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ia salut dengan gerakan anak muda, yang bertanggung jawab kepada lingkungan meski larut dalam euforia mendukung Indonesia U-17. Menurut Erick, hal ini menjadi cermin nasionalisme sejati para suporter.

“Hari ini tepat diperingati sebagai hari pahlawan. Rasa nasionalisme dan semangat para suporter tertuang di kota pahlawan tak sekadar dari teriakan menyemangati Timnas bermain, tapi juga lewat aksi #DatangBersihPulangBersih. Salut,” kata Erick, usai laga.

jokerbola bisa menyaksikan siaran langsung Piala Dunia U-17 2023 di Indosiar dan SCTV. Selain itu, laga Piala Dunia U-17 2023 juga bisa disaksikan secara live streaming di Vidio atau klik di sini.

Sumber:Bola.net/Dendy Gandakusumah