Skuad Final Italia untuk Euro 2024

JOKERBOLASkuad final berisikan 26 pemain juara bertahan Timnas Italia untuk Euro 2024 telah dipastikan. Pelatih Luciano Spalletti mencoret Riccardo Orsolini, Samuele Ricci, dan Ivan Provedel.

Spalletti awalnya memanggil sampai 30 pemain untuk TC di Coverciano pekan lalu. Dalam daftar itu, tak ada satu pun pemain dari klub AC Milan.

Namun, tak lama berselang, Spalletti sudah harus kehilangan bek Francesco Acerbi dan Giorgio Scalvini akibat cedera.

Bek Juventus, Federico Gatti, dipanggil ke tim beberapa hari lalu. Dia pun akhirnya terpilih masuk skuad final untuk bersaing di Jerman 2024.

Alex Meret Masih Bisa Digantikan Ivan Provedel

Pemain sayap Bologna, Riccardo Orsolini, gagal tampil mengesankan dalam uji coba melawan Turki yang berakhir 0-0. Sementara itu, gelandang Torino, Samuele Ricci, belum layak untuk menjadi pilihan utama.

Ivan Provedel juga dipulangkan. Penyebabnya lebih karena kiper Lazio bergelut dengan cedera di beberapa bulan terakhir musim 2023/2024.

Namun, Provedel masih berpeluang menggantikan Meret. Pasalnya, Meret sempat mengalami masalah otot. Ini bukan masalah serius, tapi tetap layak dipertimbangkan.

Masih ada waktu sampai 20 Juni 2024 bagi Italia untuk mengganti salah satu kiper mereka. Menurut regulasi UEFA, tim diberi tenggat waktu sampai tengah malam sebelum pertandingan kedua untuk mengganti kiper mereka.

Ini bisa dilakukan jika kiper yang bersangkutan mengalami masalah medis, dan dipastikan dengan hasil tes oleh komisi UEFA.

Skuad Italia untuk Euro 2024

  • Kiper: Gianluigi Donnarumma (PSG), Alex Meret (Napoli), Guglielmo Vicario (Tottenham)
  • Belakang: Alessandro Bastoni (Inter Milan), Raoul Bellanova (Torino), Alessandro Buongiorno (Torino), Riccardo Calafiori (Bologna), Andrea Cambiaso (Juventus), Matteo Darmian (Inter Milan), Federico Dimarco (Inter Milan), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Federico Gatti (Juventus), Gianluca Mancini (AS Roma)
  • Tengah: Nicolo Barella (Inter Milan), Bryan Cristante (AS Roma), Nicolo Fagioli (Juventus), Michael Folorunsho (Hellas Verona), Davide Frattesi (Inter Milan), Jorginho (Arsenal), Lorenzo Pellegrini (AS Roma)
  • Depan: Federico Chiesa (Juventus), Stephan El Shaarawy (AS Roma), Giacomo Raspadori (Napoli), Mateo Retegui (Genoa), Gianluca Scamacca (Atalanta), Mattia Zaccagni (Lazio)

Italia masuk Grup B di Euro 2024. Italia berada satu grup dengan Spanyol, Kroasia, dan Albania. Laga pertama mereka nanti adalah melawan Albania.

Jadwal Pertandingan Italia di Grup B Euro 2024

Minggu, 16 Juni 2024
02:00 WIB Italia vs Albania – BVB Stadion Dortmund, Dortmund

Jumat, 21 Juni 2024
02:00 WIB Spanyol vs Italia – Arena AufSchalke, Gelsenkirchen

Selasa, 25 Juni 2024
02:00 WIB Kroasia vs Italia – Leipzig Stadium, Leipzig

SUMBER: Gia Yuda Pradana, Bola.net