Para pemimpin dan penulis Hollywood akan melanjutkan negosiasi pada hari Kamis setelah para peserta ‘didorong’ oleh pembicaraan

Untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan terakhir, studio-studio Hollywood dan para penulis pemogokan telah mencapai kemajuan dalam negosiasi mereka, yang berpotensi mendekati berakhirnya pemogokan selama lebih dari 140 hari yang telah membekukan produksi.

Para penulis dan pimpinan dari empat studio besar akan bertemu untuk hari kedua berturut-turut pada hari Kamis untuk mencoba mencapai kesepakatan yang mengakhiri pemogokan bersejarah tersebut.

Bos studio Aliansi Produser Film dan Televisi – kepala Warner Bros. Discovery David Zaslav, kepala Disney Bob Iger, co-chief Netflix Ted Sarandos, dan ketua studio NBCUniversal Donna Langley – melanjutkan negosiasi pada hari Rabu dengan Writers Guild of America. Setelah pertemuan tersebut, kedua belah pihak mengeluarkan pernyataan bersama yang jarang terjadi.

“WGA dan AMPTP bertemu untuk melakukan tawar-menawar hari ini dan akan bertemu lagi besok,” kata mereka.

Tidak ada pihak yang mengatakan lebih jauh. Namun fakta bahwa kedua belah pihak – yang terkadang saling menegur karena berkomentar di media – mengeluarkan pernyataan bersama menandakan kemungkinan adanya kemajuan.

Warner Bros Discovery adalah perusahaan induk CNN.

Secara terpisah, seseorang yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada CNN bahwa pembicaraan pada hari Rabu membuat para peserta “merasa terdorong.”

Kebuntuan yang terjadi saat ini telah berlangsung selama lebih dari 140 hari dan mendekati pemogokan penulis terlama yang pernah tercatat, yang berlangsung selama 154 hari pada tahun 1988.

Apa yang diperjuangkan para penulis
Aliran pendapatan dari televisi linier tradisional telah menurun, dan layanan streaming – meskipun terus meningkat – mengalami kerugian. Acara streaming cenderung menawarkan musim yang lebih pendek, sehingga mengurangi jumlah pekerjaan yang tersedia bagi penulis.

Para penulis mengatakan mereka tidak mampu hidup di bawah kondisi perekonomian dan struktur gaji saat ini di industri televisi dan film, dengan lebih sedikit kesempatan kerja di banyak acara dan gaji yang lebih rendah bagi banyak penulis yang mendapatkan pekerjaan. Ada banyak penulis sukses, bahkan pemenang penghargaan, yang mendapati dirinya tidak mampu lagi mencari nafkah dari profesinya.

Banyak produksi juga mempekerjakan lebih sedikit penulis dibandingkan staf di masa lalu. Dan serikat penulis ingin para penulis mengumpulkan sisa acara streaming dan film saat konten tersebut dijual dan ditayangkan ulang. Ini telah menjadi sumber pendapatan penting bagi banyak penulis selama bertahun-tahun. Saat ini, mereka tidak mungkin mendapatkan sisa yang berarti, jika ada, saat mereka membuat konten asli untuk layanan streaming.

Para penulis juga prihatin dengan meningkatnya kecerdasan buatan dan menginginkan perlindungan untuk memastikan film dan acara TV ditulis oleh manusia, bukan mesin.

Manajemen studio mengatakan mereka telah mencoba menawarkan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, namun mereka tidak mampu memenuhi semua tuntutan serikat pekerja, termasuk jumlah staf minimum dan durasi kerja ketika penulis dipekerjakan.

Bukan satu-satunya pemogokan di kota
Sekalipun penulisnya segera menetap, sebagian besar produksi televisi dan film tidak dapat segera dilanjutkan.

Hal ini terutama disebabkan oleh serikat aktor SAG-AFTRA yang masih melakukan pemogokan, dan kesepakatan antara aktor dan Hollywood masih sulit dicapai. Mereka tidak menunjukkan tanda-tanda kemajuan dalam negosiasi seperti yang ditunjukkan oleh serikat penulis.

Jika kesepakatan serikat penulis tercapai, acara bincang-bincang televisi yang dipandu oleh Bill Maher dan Drew Barrymore – keduanya baru-baru ini menarik kembali rencana untuk kembali mengudara – mungkin akan segera tayang kembali. Pertunjukan larut malam dan “Saturday Night Live” juga akan segera kembali.

Namun mereka mungkin kesulitan memesan tamu selebriti. Aktor yang ingin mempromosikan film dan acaranya menolak tampil di acara bincang-bincang sementara serikat aktor masih melakukan pemogokan.

Sebuah pukulan bagi dunia hiburan dan perekonomian
Pemogokan ini merugikan secara ekonomi dan finansial.

Dampak ekonomi dari pemogokan para penulis dan aktor selama berbulan-bulan ini telah melampaui $5 miliar, dan dampaknya telah menyebar ke berbagai industri, menurut Kevin Klowden, kepala strategi global di Milken Institute.

Warner Bros. Discovery awal bulan ini memangkas panduan pendapatan setahun penuh untuk tahun 2023 sebesar $300 juta menjadi $500 juta karena pemogokan yang terus-menerus dilakukan oleh para aktor dan penulis.

Penghentian produksi telah menyebabkan kekosongan konten dan sedikit pilihan untuk mengisi jadwal TV Musim Gugur dan daftar film. Hal ini telah menekan studio untuk membuat kesepakatan, terutama karena saham studio tradisional telah merosot – sementara saham Netflix melonjak selama pemogokan tersebut.