Tiongkok baru saja berhenti mengekspor dua mineral yang dibutuhkan para pembuat chip dunia

Ekspor Tiongkok atas dua mineral langka yang penting untuk pembuatan semikonduktor turun menjadi nol pada bulan Agustus, sebulan setelah Beijing memberlakukan pembatasan penjualan ke luar negeri, dengan alasan keamanan nasional.

Tiongkok memproduksi sekitar 80% galium dunia dan sekitar 60% germanium, menurut Critical Raw Materials Alliance, namun Tiongkok tidak menjual unsur apa pun di pasar internasional pada bulan lalu, menurut data bea cukai Tiongkok yang dirilis pada hari Rabu. Pada bulan Juli, negara ini mengekspor 5,15 metrik ton produk galium palsu dan 8,1 metrik ton produk germanium palsu.

Ketika ditanya tentang kurangnya ekspor bulan lalu, He Yadong, juru bicara kementerian perdagangan Tiongkok mengatakan pada konferensi pers hari Kamis bahwa departemen tersebut telah menerima permohonan dari perusahaan untuk mengekspor kedua bahan tersebut. Beberapa permohonan telah disetujui, katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pembatasan ini merupakan indikasi kesediaan Tiongkok untuk melakukan pembalasan terhadap kontrol ekspor AS, meskipun terdapat kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi, seiring dengan semakin memanasnya perang teknologi.

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini sedang bergulat dengan lemahnya permintaan domestik dan krisis perumahan. Bulan lalu, ekspor negara tersebut mengalami penurunan terbesar dalam tiga tahun terakhir, sehingga memberikan pukulan baru terhadap pemulihan negara tersebut.

Para analis mengatakan pembatasan ekspor adalah “pedang bermata dua” yang dapat merugikan perekonomian Tiongkok dan mempercepat perpindahan rantai pasokan ke luar negeri.

Tiongkok mungkin menjadi pemimpin industri dalam memproduksi kedua elemen tersebut, namun terdapat produsen alternatif, serta tersedia pengganti untuk kedua bahan tersebut, kata analis Eurasia Group dalam laporan penelitian bulan Juli.

Dampak anjloknya ekspor sudah terasa di dalam negeri. Harga galium telah jatuh di Tiongkok, karena pengendalian ekspor menyebabkan persediaan menumpuk.

Pada hari Kamis, harga spot galium mencapai 1.900 yuan ($260) per metrik ton, turun hampir 20% dari awal Juli, menurut informasi dari Shanghai Metal Market.

Sementara itu, harga spot germanium sedikit meningkat karena terbatasnya pasokan, mencapai 10.050 yuan ($1.376) per metrik ton pada hari Kamis.

Diperlukan izin
Pada bulan Juli, Beijing mengatakan kedua elemen tersebut, yang digunakan dalam berbagai produk termasuk chip komputer dan panel surya, akan tunduk pada kontrol ekspor untuk melindungi “keamanan dan kepentingan nasional” negara tersebut.

Mulai 1 Agustus, eksportir perlu mengajukan izin khusus untuk mengirimkannya ke luar negeri.

Langkah ini telah meningkatkan perang teknologi dengan Amerika Serikat mengenai siapa yang memiliki akses terhadap teknologi pembuatan chip canggih, yang sangat penting dalam segala hal mulai dari ponsel pintar dan mobil tanpa pengemudi hingga pembuatan senjata.

Oktober lalu, pemerintahan Biden meluncurkan serangkaian kontrol ekspor yang melarang perusahaan Tiongkok membeli chip canggih dan peralatan pembuatan chip tanpa izin.

Namun agar kampanye Washington berhasil, negara-negara lain harus berpartisipasi. Jepang dan Belanda bergabung dalam upaya ini pada awal tahun ini, yang selanjutnya membatasi ekspor pembuatan chip ke Tiongkok.

Beijing membalas dengan meluncurkan penyelidikan keamanan siber terhadap pembuat chip Amerika, Micron, pada bulan April sebelum melarang perusahaan tersebut menjual produknya ke perusahaan-perusahaan Tiongkok yang mengerjakan proyek-proyek infrastruktur utama.

Lebih banyak pembatasan chip dari Washington mungkin akan dilakukan setelah Huawei memperkenalkan smartphone Mate 60 Pro bulan lalu, yang mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh dunia teknologi.

Model ini ditenagai oleh chip canggih, yang diciptakan meskipun ada sanksi AS yang bertujuan untuk menghentikan raksasa teknologi Tiongkok tersebut dari teknologi tersebut.

Peluncuran Mate 60 Pro telah “menciptakan tekanan politik” bagi Amerika Serikat untuk meningkatkan sanksi terhadap Huawei dan Semiconductor Manufacturing International Corp. (SMIC), pembuat chip Tiongkok yang diyakini telah membuat semikonduktor tersebut, tulis analis Jefferies dalam catatan penelitian pada hari Senin. .

“Kami memperkirakan Biden akan fokus pada pengetatan larangan [chip] terhadap Tiongkok pada kuartal keempat,” tambah mereka.