Optik Seis dan Iwan Tirta Private Collection Bantu Pembatik Pekalongan

Pada peringatan Hari Batik Nasional dan Hari Penglihatan Sedunia di bulan Oktober ini, Optik Seis bersama Iwan Tirta Private Collection menggelar program pemeriksaan mata gratis untuk 100 pembatik di Pekalongan, Jawa Tengah. Para pembatik ini juga diberikan kacamata sesuai kebutuhan penglihatan masing-masing secara gratis.

Direktur Operasional Optik Seis, Ryan Buntaran, menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk membantu para pembatik dalam meningkatkan kualitas penglihatan mereka, sehingga dapat menghasilkan batik tulis yang lebih baik.

“Melalui program pemeriksaan mata gratis untuk pembatik ini, Optik Seis berharap bisa membantu mengoptimalkan penglihatan para pembatik agar dapat menghasilkan batik tulis yang berkualitas baik dan mendukung pelestarian seni batik di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/10).

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menambahkan, pemeriksaan mata gratis ini adalah sebuah program rutin yang dilakukan oleh Optik Seis sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat. Selain diberikan kepada pembatik, sebelumnya manfaat program ini juga telah dinikmati oleh berbagai kalangan seperti anak-anak yatim piatu, lansia, murid yang tidak mampu dan guru.

Di sisi lain, CEO Iwan Tirta Private Collection, Widiyana Sudirman, mengatakan bahwa pemeriksaan mata gratis ini merupakan salah satu kegiatan program sosial bertajuk #BerjuangBersama yang diinisiasi oleh pihaknya.

“Kami sangat bersyukur dapat bekerja sama dengan Optik Seis yang memiliki visi yang sama dalam menjalankan program sosial, terutama dalam membantu keberlangsungan pembatik sebagai salah satu langkah untuk menjadikan batik tetap lestari,” ucapnya.

Dia melanjutkan, Iwan Tirta Private Collection telah mengharmonisasikan dan menyelaraskan strateginya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebuah panduan universal yang bertujuan untuk membangun kehidupan dunia lebih baik.

Inilah yang menjadi titik balik Iwan Tirta Private Collection dan menginspirasi program #BerjuangBersama sejak awal 2020 dengan tujuan akhir melestarikan batik Indonesia dari berbagai lini, termasuk menyejahterakan kehidupan para pembatik.

Gerakan inspiratif ini diberdayakan oleh komitmen Iwan Tirta Private Collection untuk mengalihkan sebagian dari hasil penjualannya untuk meningkatkan kehidupan para perajin berbakat dan komunitas-komunitas yang berkembang di dalam lingkungan batik yang kaya.

Melalui program dari Optik Seis dan Iwan Tirta Private Collection ini, diharapkan para pembatik dapat meningkatkan kualitas penglihatan mereka, sehingga dapat menghasilkan batik tulis yang lebih baik. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap industri batik Indonesia secara keseluruhan.