Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan belum ada surat pengunduran diri dari Menko Polhukam Mahfud MD per hari ini, Jumat (26/1).

“Sampai saat ini (Jumat siang), kami belum menerima surat pengunduran diri Prof.Mahfud Md. sebagai Menko Polhukam,” kata Pratikno mengutip Antara, Jumat (26/1).

Pratikno menyampaikan itu usai Mahfud beberapa hari lalu yang menyatakan kesiapannya untuk mundur dari Menko Polhukam.

Mahfud, yang juga calon wakil presiden nomor urut 3 mengatakan itu di hadapan pendukungnya di Semarang, Jawa Tengah pada 23 Januari lalu.

Dia menyebut sudah membuat kesepakatan dengan calon presiden Ganjar Pranowo mengenai hal tersebut.

“Bahwa, saya pada saatnya yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik. Jadi tidak ada pertentangan dengan Pak Ganjar,” ucap Mahfud.

Presiden Joko Widodo lalu merespons. Dia tidak bicara banyak. Pada intinya dia menghargai Mahfud yang memiliki hak jika ingin mengundurkan diri dari kabinet.

“Ya itu hak dan saya sangat menghargai,” kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1).

Terbaru, Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Pranowo-Mahfud, Andi Widjajanto menyampaikan alasan mengapa Mahfud saat ini belum mundur dari Menko Polhukam.

Dia menyebut ada dua hal strategis yang masih dikawal Mahfud. Namun Andi tidak menjabarkan secara rinci apa dua hal strategis yang dimaksud.

“Nanti diceritakan sendiri oleh Pak Mahfud yang membuat Pak Mahfud harus tetap mengawal itu. Terutama ada dua hal strategis yang Pak Mahfud kawal, sehingga Pak Mahfud memutuskan belum mundur,” ujar Andi.

SUMBER:CNN