Hasil Liverpool vs Brighton: Skor 2-1

JOKERBOLALiverpool sukses melakukan comeback Brighton di pertandingan pekan ke-30 Premier League 2023/2024 di Anfield, Minggu (31/03/2024) malam WIB.

Duel ini berjalan menarik. Brighton benar-benar membuat Liverpool kerepotan khususnya di babak pertama.

Gol Liverpool dicetak Luis Diaz dan Mohamed Salah. Sementara itu gol Brighton dipersembahkan Danny Welbeck.

Tambahan tiga angka untuk sementara membuat Liverpool berada di pucuk klasemen Liga Inggris dengan koleksi 67 angka dari 29 laga. Sementara itu Brighton ada di posisi sembilan dengan koleksi 42 poin.

Babak Pertama

Brighton membuka pertandingan ini dengan memberikan kejutan pada Liverpool. Pada menit kedua mereka langsung mencuri gol via Danny Welbeck. Ia melepas tendangan voli dari dalam kotak penalti, memanfaatkan bola yang memantul dari Van Dijk. Bola bersarang ke sisi kiri gawang The Reds. 0-1.

Liverpool kemudian terus menekan pertahanan Brighton. Namun mereka cukup kesulitan membongkar pertahanan The Seagulls.

Pada menit kesembilan Salah sempat mencoba melepas tembakan ke pojok kiri atas gawang Brighton. Sayangnya bola cuma melambung dari target.

Liverpool akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-27. Luis Diaz menjebol gawang Brighton dengan sontekan kaki kanannya di tengah kotak penalti. Ia memanfaatkan bola umpan Salah yang memantul kala coba disapu pemain The Seagulls. 1-1!

Menit ke-30 Adringa mendapat peluang untuk mengancam gawang Liverpool. Namun bola tembakannya masih bisa diblok Quansah.

Menit ke-32 Salah sekali lagi mencoba mengancam gawang Brighton usai mendapat umpan terobosan. Namun kiper lawan, Verbruggen, masih bisa menggagalkan peluang tersebut.

Liverpool kemudian terus memaksa Brighton bertahan. Pada akhirnya sampai turun minum, tak ada gol tambahan yang tercipta. 1-1.

Babak Kedua

Di babak kedua, Liverpool berusaha menekan Brighton lebih dahulu. Permainan mereka membaik di babak ini.
Mac Allister mendapat peluang emas mencetak gol pada menit ke-52. Ia menanduk bola umpan Gomez dari flank kiri. Tapi bola sundulannya cuma melebar tipis ke samping kiri gawang Brighton.

Liverpool akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-64. Mereka membangun serangan apik yang dipungkasi umpan terobosan Mac Allister pada Salah di kotak penalti. Dengan kaki kirinya, pemain Mesir ini dengan mudah menjebol gawang Brighton. 2-1!

Pada menit ke-70 Liverpool bisa mencetak gol lagi. Diaz menjebol gawang Brighton usai mendapat umpan terobosan matang dari Salah. Namun gol itu dianulir wasit karena ia terperangkap offside.

Pada menit ke-74 peluang didapat Liverpool dari serangan balik yang dipungkasi tembakan Salah. Sayangnya bola sepakannya masih bisa diantisipasi kiper dengan baik.

Menit ke-86, kesalahan Luis Diaz membuat Adam Lallana mendapat peluang menembak dari dalam kotak penalti. Tembakannya gagal diblok Quansah dan Kelleher. Untungnya bola melebar tipis ke sisi kanan gawang.

Menit ke-89 Salah hampir saja mencetak gol. Ia melepas tembakan kaki kanan di tengah kotak penalti, usai mendapat bola dari Elliott. Namun sayangnya bola itu masih bisa ditepis kiper Brighton.

Pada akhirnya, tak ada gol tambahan tercipta di sisa pertandingan ini. Liverpool 2-1 Brighton.

Susunan Pemain

Liverpool: Caoimhin Kelleher; Conor Bradleey, Jarell Quansah, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Dominik Szoboszlai, Mohamed Salah, Darwin Nunez, Luis Diaz

Pelatih: Jurgen Klopp

Brighton: Bart Verbruggen; Joël Veltman, Jan Paul van Hecke, Lewis Dunk, Pervis Estupinan, Carlos Baleba, Pascal Gross, Simon Adingra, Jakub Moder, Tariq Lamptey, Danny Welbeck

Pelatih: Roberto De Zerbi

SUMBER: Dimas Ardi Prasetya, Bola.net