Hajar Brunei Darussalam 6-0, Shin Tae-yong Belum Puas dengan Performa Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku kurang puas dengan performa anak-anak asuhnya meski berhasil menghajar Brunei Darussalam dengan 6-0 dalam leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023).

Juru taktik asal Korea Selatan menyayangkan Skuad Garuda yang sempat buntu di pertengahan hingga akhir babak pertama, sehingga membuat Dimas Drajad dan kawan-kawan kesulitan menambah keunggulan 2-0 sampai turun minum.

“Untuk isi pertandingan, saya tidak begitu senang. Harusnya permainan kami bisa lebih baik. Setelah gol kedua, sangat lama sampai terjadi gol ketiga. Itu yang harus kita evaluasi,” ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan di SUGBK, Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Kendati begitu, eks pelatih Timnas Korea Selatan tetap memberi apresiasi bagi anak-anak asuhnya yang mampu bangkit di babak kedua. Ia pun berterima kasih kepada Asnawi Mangkualam dan kolega lantaran berhasil mewujudkan ambisi berpesta gol di kandang sendiri.

“Untungnya di babak kedua, para pemain kembali bekerja keras lagi, dan akhirnya (pertandingan berujung) baik. Jadi saya tetap mengucapkan terima kasih kepada para pemain,” kata Shin Tae-yong menambahkan.

Menilik jalannya pertandingan, Timnas Indonesia memang tampil mendominasi sejak awal babak pertama. Gol cepat bahkan berhasil diciptakan pada menit ke-6 usai Dimas Drajad memanfaatkan bola rebound yang disundul Hokky Caraka.

Baru 5 menit berselang, Rizky Ridho sudah berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Sayangnya, pasukan Shin Tae-yong kesulitan menambah gol setelahnya, sehingga skor bertahan sampai turun minum.

Barulah di babak kedua, Dimas Drajad dan kawan-kawankembali menunjukkan taringnya. Ramadhan Sananta yang baru masuk menggantikan Hokky Caraka mencetak gol ketiga bagi Indonesia pada menit 61 usai mendapat hadiah tendangan penalti dari wasit.

Pemain Persis Solo itu kembali mencatatkan namanya di papan skor 6 menit berselang, yang mengubah kedudukan menjadi 4-0. Memasuki menit 72, Dimas Drajad menyusul Sananta mencetak brace bagi Indonesia.

Ia kembali mempertegas torehan golnya usai membobol gawang untuk ketiga kalinya pada masa injury time, sehingga membuat laga berakhir dengan skor telak 6-0.

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Sandy Walsh; Saddil Ramdani,Dendy Sulistiawan, Dimas Drajad; Hokky Caraka

Timnas Brunei Darussalam: Hajme Abdullah; Abdul Mufisz, Nazhan, Hanif Hamir, Yura Indera; Mohd Hendra Azam, Hariz, Nazirrudin Ismail, Haziq, Hakeme Yazid; Moh Kahiril Shahme

SUMBER:LIPUTAN6