Dion Markx Kagumi Gol Indah Marselino Ferdinan

Calon pemain naturalisasi, Dion Markx, ternyata sudah cukup lama mengikuti kiprah Timnas Indonesia. Belakangan ini, namanya jadi perbincangan karena jadi calon penggawa Timnas Indonesia U-20.

Dion Markx mengakui bahwa Timnas Indonesia telah memperlihatkan progres yang sangat pesat. Setidaknya, perkembangan itu bisa dilihat dari pencapaian mereka Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

“Saya mengikuti kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia, baik di level senior maupun U-23. Yang senior dahulu tentunya. Kalau tidak salah, mereka sampai ke fase 16 besar,” kata Dion Markx dikutip dari kanal YouTube Yussa Nugraha.

“Menurutku, itu merupakan prestasi yang bagus. Di rumah, saya juga memiliki box channel Indonesia, jadi saya bisa mengikuti pertandingan Timnas Indonesia secara live,” ia menambahkan.
Pemain berusia 18 tahun ini memang sangat senang bisa mengikuti perkembangan Timnas Indonesia. Dia mengakui, skuad asuhan Shin Tae-yong juga menghasilkan gol-gol yang indah dari dua ajang tersebut.

Secara khusus, pemain asal klub NEC Nijmegen U-21 ini juga mengapresiasi kesuksesan skuad Garuda Muda melaju hingga fase semifinal Piala Asia U-23 2024. Menurutnya, kiprah Rizky Ridho dkk sangat menarik.

“Iya tentu saya sangat senang bisa melihatnya. Saya juga melihat gol-gol yang indah. Cuplikannya juga banyak bisa dilihat di Instagram. Namun, saya lebih senang melihatnya secara langsung,” ujarnya.

“Saya juga melihat pertandingan-pertandingan yang di Piala Asia U-23 2024. Sayangnya, tidak bisa menjadi peringkat ketiga. Saya tentu mengikutinya juga. Menurutku, sangat menarik,” tambahnya.

Menurut pemain kelahiran 29 Juni 2005 itu, salah satu gol yang membuatnya terkagum-kagum tersaji saat skuad asuhan Shin Tae-yong tampil di Piala Asia 2023. Dion sebetulnya tak menyebut secara spesifik sosok pencetak golnya.

Namun, jika dilihat dari deskripsi yang dia sampaikan, gol yang dimaksud pemain berpostur 187 cm ini mengacu pada pertandingan pertama Grup D saat Timnas Indonesia tumbang dari Irak di fase penyisihan.

Gol tersebut lahir dari proses bangun serangan. Penetrasi Yakob Sayuri di sisi kanan diakhiri umpan silang indah yang sukses disambar Marselino Ferdinan. Menurut Dion, gol ini sangat spesial.

“Gol terindah yang pernah saya lihat adalah gol yang di Timnas Indonesia senior. Saya kurang ingat melawan tim mana, tetapi golnya berasal dari build-up dari belakang,” ujarnya.

“Setelah itu, dari lini tengah di-passing ke winger kanan. Setelah itu, dia melakukan crossing dan pemain depan mencetak gol. Iya, sepertinya saat itu melawan Irak,” lanjut calon penggawa Timnas Indonesia U-20 itu.

 

SUMBER : BOLANET