5 Pemain Muda yang Dilepas MU Musim Panas 2023, Bagaimana Nasibnya?

Bola.net – Manchester United menghasilkan banyak pemain muda berbakat dari akademi. Namun, tidak semuanya bisa mendapat kesempatan di Old Trafford.

Manchester United memang sering mengorbitkan pemain muda ke tim utama. Marcus Rashford dan David Beckham merupakan contoh pemain jebolan akademi yang menjadi pemain reguler Setan Merah.

Namun, tak semua pemain muda bernasib apik macam Rashford atau David Beckham. Artinya, banyak juga yang gagal dan harus meninggalkan Manchester United.

Pada bursa transfer musim panas 2023, Manchester United berpisah beberapa pemain mudanya. Mereka dilepas setelah kontraknya tidak diperpanjang.

Berikut ini lima pemain pemain muda yang dilepas MU pada musim panas 2023 lalu.

1. Ethan Galbraith

Setelah pindah dari Irlandia Utara pada tahun 2017, Ethan Galbraith hanya membuat satu penampilan untuk tim utama Manchester United. Dia tampil dalam kekalahan dari Astana di Liga Europa.

Galbraith sempat menjalani masa peminjaman di Doncaster dan Salford. Sang gelandang pada akhirnya pindah ke klub League One Leyton Orient setelah Manchester United melepasnya di musim panas tahun ini.

Galbraith sudah membuat 15 penampilan untuk tim London timur pada musim 2023/2024. Dia memberikan satu assist, dan tetap menjadi bagian dari skuad Irlandia Utara.

2. Di’Shon Bernard

Di’Shon Bernard bergabung dengan tim junior Manchester United pada tahun 2017. Dia membuat satu penampilan senior saat melawan Astana di Liga Champions.

Selama berada di klub, Bernard sempat dipinjamkan ke Salford City, Hull City dan Portsmouth. Bek berusia 23 tahun itu kemudian meninggalkan Setan Merah setelah kontraknya tidak diperpanjang.

Bernard bergabung dengan Sheffield Wednesday setalah berpisah dengan Old Trafford. Dia sudah memainkan 11 pertandingan di Championship sejauh ini.

3. Eric Hanbury

Eric Hanbury tidak pernah tampil untuk tim utama Manchester United. Dia sangat mustahil menggeser David de Gea di bawah mistar gawang pada waktu itu.

Hanbury meninggalkan Manchester United pada musim panas kemarin. Dia diizinkan untuk mencari klub baru setelah kontraknya tidak diperpanjang.

Seperti seniornya De Gea, Hanbury masih belum mendapat klub baru setelah meninggalkan Manchester United. Dia baru-baru ini mengikuti kamp latihan untuk para alumni akademi Setan Merah.

4. Charlie Wellens

Charlie Wellens dilepas oleh Manchester United pada bulan Juni. Erik ten Hag akhirnya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak pemain berusia 20 tahun itu di Old Trafford.

Wellens pindah ke tim League One Reading. Dia bersatu kembali dengan Charlie Savage yang juga bergabung dengan The Royals selama musim panas.

Wellens sejauh ini baru bermain sekali untuk tim utama Reading. Dia juga tampil lima kali untuk tim U-21 dengan mencetak dua gol dan satu assist di Premier League 2.

5. Manni Norkett

Manni Norkett menandatangani kontrak dengan Manchester United pada tahun 2018. Ketika itu, dia berusia 13 tahun dan diminati oleh sejumlah klub papan atas.

Norkett kemudian menjadi pencetak gol reguler untuk tim U-18 Setan Merah dan juga tampil untuk tim U-21. Dia melakukan debutnya untuk Manchester United pada tahun 2021.

Namun, sang striker memutuskan untuk pindah ke Nottingham Forest pada musim panas ini. Norkett sudah tampil empat kali di Premier League 2 dengan mencetak satu gol.

Sumber: Planet Football