3 Pebulu Tangkis Bintang Dunia yang Pernah Dilatih Pelatih Indonesia Rony Agustinus, Nomor 1 Monster Tunggal Putri!

JOKERBOLA – BERIKUT tiga pebulu tangkis bintang dunia yang pernah dilatih pelatih Indonesia Rony Agustinus. Ketiganya membuktikan tangan dingin sang pelatih di kancah bulu tangkis.

Pencinta bulu tangkis tanah air mungkin sedikit asing dengan nama Rony Agustinus. Sebab, semasa aktif bermain prestasinya tidak begitu mentereng. Ia beberapa kali menembus final, namun lebih banyak menjadi runner up.

Salah satunya adalah di ajang Badminton Asia Championship 2000. Kala itu, Rony yang merupakan non unggulan sukses menembus babak final. Sayangnya, ia kalah dari Taufik Hidayat dalam tiga game 17-14, 2-15, dan 3-15.

Meski begitu, Rony bukanlah tanpa prestasi. Ia tercatat menjadi bagian dalam tim juara Piala Thomas 2000. Setelah gantung raket, ia beralih menjadi seorang pelatih. Sederet pebulu tangkis top pun sukses dipoles. Siapa saja?

3 Pebulu Tangkis Bintang Dunia yang Pernah Dilatih Pelatih Indonesia Rony Agustinus

3. Simon Santoso

Setelah gantung raket, Rony dengan cepat ditunjuk untuk menjadi staf kepelatihan Pelatnas PBSI. Ia diplot untuk menjadi pelatih di sektor tunggal. Salah satu atlet paling bersinar yang pernah dilatihnya adalah Simon Santoso.

Sepanjang 2008 hingga 2012 periode kepelatihan Rony, Simon Santoso sukses menggondol gelar seperti SEA Games, Denmark Open, Taiwan Open, dan lain sebagainya.

2. Goh Jin Wei

Setelah kontraknya tak diperpanjang di Pelatnas PBSI, Rony memilih hijrah ke Malaysia. Di Negeri Jiran, Goh Jin Wei menjadi anak didiknya yang paling bersinar.

Rony pernah membuat tunggal putri Malaysia itu menjadi juara dunia junior pada 2015. Ia juga membuat Jin Wei meraih berbagai gelar lain di level junior seperti Belgian International, Vietnam International Series, hingga Orleans International.

1. An Se-young

Setelah dari Malaysia, Rony sempat melatih di Vietnam sebelum akhirnya terbentur pandemi. Pasca pandemi, ia pun menerima pinangan Korea Selatan untuk menjadi pelatih di sektor tunggal, khususnya putra.

Namun di Korea Selatan, nama An Se-young justru menjadi pebulu tangkis terbaik yang dilatihnya. Tunggal putri yang kini menjadi ratu bulu tangkis dunia berhasil menjadi sosok yang luar biasa di sepanjang 2023 lalu hingga saat ini.

An bahkan menembus 8 final dalam 8 turnamen yang diikuti di paruh pertama 2023. Belum lagi, ada banyak ajang yang dimenangkan hingga dirinya kini berada di peringkat 1 BWF.

SUMBER: Cahyo Julianto, Jurnalis