breaking news

Waspada! 3 Perubahan Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Mematikan

June 10th, 2021 | by bento bento
Waspada! 3 Perubahan Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Mematikan
Health
0

JAKARTA – Mengalami salah satu dari tiga perubahan ini bisa menjadi tanda utama Anda mengidap penyakit mematikan seperti kanker . Karena itu, perubahan ini tidak boleh diabaikan.

Kanker adalah penyakit yang sangat umum yang mempengaruhi satu dari setiap dua orang sepanjang hidup mereka. Namun, mungkin sulit untuk mengetahui apakah Anda berisiko mengalami kondisi tersebut.

Berikut tiga perubahan yang bisa menjadi tanda utama mengidap penyakit mematikan dilansir dari Express, Selasa (8/6).


1. Penurunan berat badan

Menurut American Cancer Society, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan seringkali merupakan gejala pertama yang terlihat dari kanker kerongkongan, pankreas, lambung dan paru-paru.

Kanker lain, seperti kanker ova rium, lebih mungkin menyebabkan penurunan berat badan ketika tumor tumbuh cukup besar untuk menekan perut. Ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih cepat.

Jenis kanker lain juga dapat menyebabkan gejala yang membuat sulit makan, seperti mual, kurang nafsu makan, kesulitan mengunyah atau menelan.

2. Perubahan tampilan tahi lalat

Tanda pertama dari melanoma seringkali berupa tahi lalat baru atau perubahan tampilan tahi lalat yang sudah ada. Tahi lalat normal umumnya bulat atau oval, dengan tepi yang halus, dan biasanya tidak lebih besar dari diameter 6 milimeter.


Tetapi ukuran bukanlah tanda pasti dari melanoma. Tahi lalat yang sehat bisa lebih besar dari diameter 6 milimeter dan tahi lalat kanker bisa lebih kecil dari ini.

3. Perubahan kebiasaan toilet

Kebiasaan buang air besar dapat bervariasi dari setiap orang. Ini termasuk seberapa sering Anda buang air besar, kendali Anda saat buang air besar, dan konsistensi dan warna buang air besar.

Sementara beberapa perubahan buang air besar dapat mewakili infeksi sementara, yang lain mungkin menunjukkan penyebab yang lebih besar untuk dikhawatirkan dan bisa menjadi tanda pertama kanker.

Sering buang air kecil, darah dalam urin, aliran lemah atau terputus atau keinginan untuk buang air kecil di malam hari adalah tanda awal kanker prostat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *