breaking news

Sudan Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

August 26th, 2020 | by bento bento
Sudan Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel
Dunia
0

KHARTOUM – Sudan menolak untuk menormalisasi hubungannya dengan Israel. Pernyataan ini menghancurkan harapan untuk terobosan cepat selama kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.

Perdana Menteri Abdalla Hamdok mengatakan kepada Pompeo bahwa pemerintah transisi Sudan – yang menggantikan presiden yang digulingkan Omar al-Bashir tahun lalu dan akan berkuasa hingga pemilu 2022 – tidak memiliki “mandat” untuk mengambil langkah yang begitu berat.

“Perdana Menteri mengklarifikasi bahwa masa transisi di Sudan dipimpin oleh aliansi yang luas dengan agenda khusus – untuk menyelesaikan transisi, mencapai perdamaian dan stabilitas di negara itu dan mengadakan pemilihan yang bebas,” kata juru bicara pemerintah Faisal Saleh seperti dikutip dari Asharq Al-Awsat, Rabu (26/8/2020).

Hamdok telah mengatakan kepada Pompeo bahwa pemerintahan sementara tidak memiliki mandat di luar tugas-tugas ini atau untuk memutuskan normalisasi dengan Israel.

Hamdok juga mendesak AS untuk tidak menghubungkan topik pencabutan Sudan dari daftar negara sponsor terorisme dengan subjek normalisasi dengan Israel.

Hamdok menulis di Twitter bahwa dia dan Pompeo melakukan percakapan langsung & transparan mengenai penghapusan Sudan dari daftar teror dan menerima dukungan pemerintah AS.

“Saya terus menantikan langkah nyata yang positif dalam mendukung kejayaan revolusi Sudan,” tulis Hamdok.

Pengumuman itu merupakan kemunduran serangan pesona oleh AS dan Israel untuk menjalin lebih banyak hubungan antara negara Yahudi dan dunia Arab menyusul perjanjian 13 Agustus yang ditengahi AS antara Israel dan Uni Emirat ArabIsrael secara teknis tetap berperang dengan Sudan, yang tetap masuk dalam daftar hitam pendukung terorisme Departemen Luar Negeri AS.

Koalisi yang memimpin gerakan protes Sudan, Pasukan Kebebasan dan Perubahan, sebelumnya juga telah berargumen bahwa pemerintah tidak memiliki mandat untuk menormalkan hubungan dengan Israel, mencatat hak warga Palestina atas tanah mereka dan atas kehidupan yang bebas dan bermartabat.

Ketika Pompeo tiba beberapa jam sebelumnya, dia men-tweet fakta bahwa dia telah terbang ke Khartoum dengan “penerbangan non-stop resmi pertama” yang bersejarah dari Tel Aviv.

Diplomat tinggi AS itu juga bertemu dengan Kepala Dewan Kedaulatan Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan untuk pembicaraan yang menurut Departemen Luar Negeri akan mengungkapkan dukungan AS untuk memperdalam hubungan Sudan-Israel”.

Netanyahu telah bertemu Burhan pada Februari di Uganda dan kemudian mengumumkan bahwa kedua pemimpin telah setuju untuk bekerja sama menuju normalisasi hubungan. Namun kabinet Sudan kemudian membantah bahwa Burhan telah membuat janji seperti itu.

Pemerintah transisi sipil-militer baru Sudan telah berjanji untuk memutuskan hubungan dengan era Bashir dan meluncurkan reformasi sosial dan politik yang luas.

Negara yang kekurangan uang itu berharap Washington akan segera mengeluarkannya dari daftar hitam terorismenya karena berusaha untuk sepenuhnya berintegrasi kembali ke dalam komunitas internasional dan menarik lebih banyak bantuan dan investasi untuk menyelamatkan ekonominya yang dilanda krisis.

Sudan telah masuk dalam daftar teror Washington sejak 1993 karena sebelumnya mendukung para ekstremis, termasuk Osama bin Laden, yang tinggal di negara itu selama bertahun-tahun pada 1990-an sebelum menuju ke Afghanistan.

Sudan telah melakukan pembicaraan untuk memberikan kompensasi kepada para korban serangan Al-Qaeda era Bashir, termasuk pemboman USS Cole tahun 2000 di Yaman dan pemboman bersamaan tahun 1998 di kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *