Read Time:1 Minute, 59 Second

Presiden AS Joe Biden Tiba di Bali untuk Hadiri KTT G20

TEMPO.CO, Nusa Dua – Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Bali pada Minggu malam, 13 November 2022, untuk berpartisipasi dalam KTT G20. Biden mendarat di Pulau Dewata usai mengikuti KTT ASEAN di Kamboja sebagai rekan wicara.

Di sela pertemuan G20, Gedung Putih memastikan bahwa Presiden Biden akan berdialog dengan Presiden Cina Xi Jinping pada Senin, 14 November 2022.

Komunikasi ini akan menjadi yang pertama bagi kedua pemimpin secara tatap muka, di tengah eskalasi ketegangan yang ditimbulkan oleh perang dagang dan tensi geopolitik yang meninggi di Indo-Pasifik.

Amerika Serikat dipercaya masih tetap ingin membuka ruang dialog tetap terbuka, terlepas perbedaan yang ada. Gedung Putih menyebut pembicaraan Xi dan Biden di Bali bisa memakan waktu berjam-jam.

KTT G20 dengan format tatap muka akan diadakan di Bali pada 15 dan 16 November 2022. Indonesia adalah presidensi KTT G20 tahun ini. Fokus dalam KTT G20 ini adalah pemulihan ekonomi global paska-pandemi, dengan prioritas bidang kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi.

Pertemuan kepala negara anggota G20 kali ini dibayangi oleh krisis global di sektor pangan dan energi, yang dipicu oleh perang Ukraina.

Dalam sejumlah pertemuan tingkat menteri, beberapa negara Barat yang dipimpin Amerika Serikat mengecam dengan keras invasi Rusia ke Ukraina serta dampaknya terhadap krisis pangan dan energi.

Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan menyatakan, di KTT G20 Biden akan fokus pada tantangan ekonomi global yang mendesak, terutama dampaknya pada negara berkembang dan rentan secara finansial.

Beberapa di antaranya termasuk ketahanan energi dan transisi energi bersih, ketahanan pangan, penghapusan utang untuk negara-negara berpenghasilan menengah, reformasi bank pembangunan multilateral, dan peluncuran dana kesiapsiagaan pandemi.

“Dia juga akan menggalang negara-negara yang berpikiran sama untuk berbicara dengan tegas menentang invasi ilegal Rusia—dan perang ilegal di Ukraina, yang telah memperburuk banyak tantangan ini,” kata Sullivan saat jumpa pers di Gedung Putih, Washington D.C., Kamis, 10 November 2022.

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20 Bali secara tatap muka. Delegasi Rusia akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Selain Biden, sejumlah delegasi-delegasi telah berdatangan ke Bali jelang pertemuan puncak G20. Menteri Luar Negeri Rusia, yang juga mengunjungi Kamboja, dilaporkan telah datang lebih awal.

Presiden RI Joko Widodo juga baru tiba pada Minggu malam, sepulang dari Kamboja untuk mengikuti KTT ASEAN. Dia menyebut sudah siap untuk memperjuangkan perdamaian di pertemuan puncak G20.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.