Read Time:1 Minute, 24 Second

London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa negara-negara Barat harus mendukung Ukraina yang sedang berusaha merebut kembali wilayahnya dari pasukan Rusia. Menurutnya, kemenangan Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina akan menjadi sebuah “bencana.”

Berbicara saat kembali ke Inggris usai mengunjungi Kiev, PM Johnson mengingatkan bahwa Ukraina tidak boleh dibiarkan menerima “perjanjian damai yang buruk” yang hanya akan memungkinkan terjadinya serangan Rusia baru di masa mendatang.

Ia menekankan komitmen penuh Inggris dalam mendukung Ukraina. Dukungan ini bahkan terlihat dari keputusannya meninggalkan sebuah konferensi kelompok konservatif Utara pada Jumat kemarin untuk bertemu langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Waktu kunjungan PM Johnson ke Ukraina memicu tuduhan bahwa dirinya sengaja mengabaikan Utara menjelang pemilihan umum di Wakefield, West Yorkshire, di mana Partai Konservatif Inggris (Tory) diperkirakan akan menelan kekalahan.

Membela keputusannya, ia mengatakan bahwa dukungan Inggris merupakan hal penting di saat Ukraina sedang “sangat menderita” di tengah gempuran pasukan Rusia di wilayah Donbas.

“Saya rasa merupakan hal penting untuk pergi ke Ukraina di masa kritis seperti saat ini,” ungkap PM Johnson, dikutip dari Miami Herald, Sabtu, 18 Juni 2022.

“Penting untuk memperlihatkan bahwa kami mendukung Ukraina untuk jangka panjang, bahwa kami memberikan Ukraina ketahanan strategis seperti yang mereka butuhkan,” lanjutnya.

Saat berbicara dengan Zelensky, PM Johnson mengatakan bahwa Inggris akan bersiap melatih puluhan ribu prajurit Ukraina dalam menghalau serangan Rusia.

“Akan menjadi sebuah bencana jika Putin menang,” tutur PM Johnson. “Dia pasti ingin berkata: ‘Mari bekukan konflik ini, mari sepakati gencatan senjata seperti di tahun 2014.'”

“Baginya, hal seperti itu akan menjadi sebuah kemenangan. Nantinya Putin akan mengkonsolidasikan kekuatan dan melancarkan serangan baru,” sebut PM Johnson.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.