breaking news

Iran Akhirnya Izinkan IAEA Kunjungi Dua Lokasi yang Dicurigai

August 27th, 2020 | by bento bento
Iran Akhirnya Izinkan IAEA Kunjungi Dua Lokasi yang Dicurigai
Dunia
0

TEHERAN – Iran akhirnya memberi akses pada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk mengawasi dua lokasi yang diduga pernah menjadi tempat aktivitas rahasia terkait nuklir.

Langkah Iran ini mengakhiri kebuntuan dengan IAEA selama beberapa bulan dan meringankan tekanan pada Teheran saat Amerika Serikat (AS) berupaya menerapkan kembali sanksi internasional.

Terobosan terkait dua lokasi itu diumumkan dalam pernyataan bersama oleh Iran dan IAEA dalam kunjungan pertama Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi ke Teheran sejak dia menjabat pada Desember.

Tidak dijelaskan parameter aktivitas verifikasi di dua lokasi tersebut.

Pada Maret, Grossi menginformasikan bahwa Iran menyangkal pengawas IAEA datang ke dua lokasi yang disebut untuk pengolahan uranium dan tes ledakan yang diduga dilakukan pada awal 2000-an.

Penghancuran dan kerja lain mungkin telah menghilangkan jejak tentang aktivitas di masa lalu.

IAEA telah meminta akses ke lokasi itu sejak Januari karena mereka menduga tempat itu menyimpan material nuklir. IAEA ingin melakukan verifikasi bahwa aktivitas nuklir di sana sepenuhnya untuk tujuan damai.
“Dalam konteks sekarang, berdasarkan analisa informasi yang ada pada IAEA, IAEA tidak memiliki pertanyaan lain pada Iran dan permintaan lain untuk akses ke lokasi selain yang telah dideklarasikan oleh Teheran,” papar pernyataan IAEA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *