Read Time:2 Minute, 17 Second

Pembalap tim pabrikan Aprilia Racing itu menembus waktu lap 1 menit 58,254 detik. Catatan ini tidak jauh berbeda dari rekor lap kelas MotoGP Sirkuit Silverstone yang dibuat Marc Marquez (Repsol Honda), 1 menit 58,168 detik yang dibuat pada 2019.

Tiga pengguna Ducati Desmosedici GP22, yakni Jorge Martin (Prima Pramac Racing), Jack Miller (Ducati Lenovo), dan Johann Zarco (Prima Pramac Racing) masing-masing berada di posisi kedua sampai keempat dengan gap kurang dari 0,1 detik.

Maverick Vinales (Aprilia Racing) menggenapi lima besar dengan gap 0,321 detik dari rekan setimnya.

Peringkat keenam sampai ke-10 masing-masing ditempati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Joan Mir (Suzuki Ecstar), Luca Marini (Mooney VR46 Racing), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Kesepuluh pembalap tertas FP3 ini juga berhak lolos langsung ke kualifikasi kedua (Q2) karena posisi mereka tidak berubah di waktu kombinasi (waktu terbaik dari FP1, FP2, dan FP3).

Enea Bastianini (Gresini Racing) menjadi salah satu nama top yang harus melalui Q1 terlebih dahulu di kualifikasi setelah hanya berada di P12 combined practice.

Tiga pembalap Ducati langsung menghentak pada awal sesi FP3 dengan Johann Zarco memimpin atas Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Saat itu, Zarco bahkan mampu unggul hingga hamir 0,4 detik atas Miller.

Maverick Vinales lantas mengurangi gap dengan Zarco menjadi sekira 0,1 detik. Miguel Oliveira lalu menjadi satu-satunya pembalap yang merangsek ke posisi 10 besar waktu kombinasi (waktu terbaik dari FP1, FP2, FP3).

Sekira 15 menit sesi berlangsung posisi 10 besar ditempati Zarco, Vinales, Bagnaia, Miller, Aleix Espargaro, Oliveira, Fabio Quartararo, Brad Binder, Luca Marini, dan Enea Bastianini.

Memasuki pertengahan sesi, para pembalap mulai mencoba simulasi lomba. Saat itu, kecepatan Suzuki GSX-RR geberan Alex Rins terlihat impresif. Ia melesat ke P3 dengan gap 0,131 detik dari Zarco di puncak.

Beberapa menit berselang, Rins mampu merebut P1 dari tangan Zarco setelah lebih cepat 0,045 detik. Tetapi hal itu tidak berlangsung lama karena Oliveira kemudian mampu lebih cepat 0,097 detik dari Rins untuk menggesernya dari posisi puncak.

Sekira 15 menit menjelang sesi berakhir, Aprilia menempati posisi 1-2 dengan Vinales memimpin 0,096 detik atas Aleix Espargaro. Marini berada di P3 dengan gap 0,675 detik.

Espargaro lalu berbalik memimpin tetapi posisi kedua ditempati Miller yang terpaut 0,078 detik. Posisi ketiga ditempati Vinales yang tertinggal 0,345 detik. Zarco kemudian menggeser Vinales di P3 usai terpaut 0,090 detik dari Espargaro.

Sekira lima menit sebelum FP3 usai, posisi 10 besar ditempati: Aleix Espargaro, Miller, Zarco, Vinales, Quartararo, Jorge Martin, Bagnaia, Joan Mir, Oliveira, dan Marini.

Namun, kurang dari satu menit FP3 berakhir, Zarco mengalami kecelakaan. Padahal saat itu ia berpotensi mencetak rekor lap Sirkuit Silverstone. Aleix Espargaro akhirnya mampu mempertahankan posisi teratasnya sampai akhir FP3.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.