Read Time:1 Minute, 16 Second

Bukan tak mungkin, ketegangan Amerika Serikat (AS) dengan China bisa berujung dengan konfrontasi bersenjata. Mengantisipasi kemungkinan konflik, militer ternyata tengah membangun sebuah pangkalan militer baru yang berada dekat dengan China.

Sebuah foto citra satelit diunggah sebuah akun Twitter bernama @OsintTv. Dalam foto tersebut terlihat sebuah landasan pesawat terbang yang tengah dibangun. Gambar tersebut muncul di media sosial pada 16 Juni 2022 lalu.

Dalam keterangannya, akun tersebut menjeaskan bahwa lokasi landasan itu adalah bagian dari Bandara Internasional Tinian yang terletak di Kepulauan Mariana Utara.

Yang lebih mengejutkan, pemerintah Amerika diperkirakan menggelontorkan dana sebesar US$161,8 juta, atau setara dengan Rp2,4 triliun untuk memperluas Bandara Internasional Tinian.

Citra satelit dari 6 Juni menunjukkan aktivitas untuk membersihkan lapangan terbang, yang akan menampung apron parkir pesawat baru, taxiway. Tanggal penyelesaian Oktober 2025. Estimasi US$161,8 juta,” tulis akun tersebut.

Kepulauan Mariana Utara terletak di wilayah utara Samudera Pasifik. Wilayah Kepulauan Marina berjarak sekitar 1.800 mil atau sama dengan 2.896 kilometer dari daratan China.

Nantinya Bandara Internasional Tinian akan menjadi pangkalan baru bagi Angkatan Bersenjata AS (US Armed Forces) di wilayah Pasifik. Seperti yang diketahui, militer AS juga memiliki Pangkalan Angkatan Udara Andersen yang terletak di Guam.

Pada Mei 2019, Otoritas Pelabuhan Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara menandatangani perjanjian dengan Departemen Pertahanan AS (US Departement of Defense).

Dengan ditandatanganinya perjanjian tersebut, militer Amerika Serikat memiliki wewenang untuk menyewa Bandara Internasional Tinian sebagai lapangan terbang pengalihan Pangkalan Angkatan Udara Andersen.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.