Read Time:1 Minute, 30 Second

Deretan Kebiasaan yang dapat Sebabkan Wasir

TEMPO.COJakarta –Wasir atau yang juga dikenal dengan ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar daerah anorektal, bisa internal, eksternal, atau keduanya. Ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah yang berkembang karena sembelit yang berkepanjangan atau mengejan saat buang air besar.

Wasir umum terjadi pada semua kelompok umur baik laki-laki ataupun perempuan. Diagnosis wasir membutuhkan riwayat klinis karena memiliki gejala khas seperti gatal, nyeri, gangguan buang air besar, dan pendarahan.

5 Kebiasaan Bisa Picu Wasir

Tes laboratorium biasanya tidak diperlukan tetapi pasien disarankan untuk menjalani proktoskopi atau sigmoidoskopi

Berikut deretan kebiasaan yang dapat menyebabkan wasir seperti dikutip dari Times of India pekan ini:

  1. Mengangkat beban berat
  2. Obesitas
  3. Duduk dalam waktu lama,
  4. Konsumsi kandungan serat dalam jumlah yang sedikit.
  5. Konsumsi makanan berminyak, panas, dan pedas. Ketidakseimbangan dalam pola makan ini membuat kinerja pencernaan menjadi kurang efisien.
  6. Konsumsi kopi yang berlebihan. Hal ini dapat memperlambat pergerakan usus dan memperparah ambeien yang ada.
  7. Orang yang terus-menerus menderita sembelit dan buang air besar kronis

Ketika mengalami wasir, pola makan mesti diperhatikan. Konsumsi makanan berserat seperti sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan serta asupan air yang cukup secara teratur.

“Legum adalah makanan yang paling menenangkan bagi seseorang yang mengalami wasir. Ini mudah dicerna dan juga meredakan sakit perut akibat iritasi dan peradangan yang disebabkan oleh kondisi ambeien. Biji-bijian utuh juga menjadi bagian tak terpisahkan untuk mengendalikan wasir,” jelas Vikas Chawla, Pakar Ayurveda dari Vedas Cure

“Berbeda dengan makanan pedas yang memicu dan memperparah kondisi seseorang yang memiliki ambeien, biji-bijian utuh bermanfaat untuk kelancaran proses pencernaan dan fungsi lambung secara keseluruhan. Perubahan pola makan sangat penting, dan tanpa mengurangi makanan berlemak yang mengandung zat berminyak, seseorang tidak dapat sembuh dari wasir. Brokoli, ubi jalar, lobak, dan wortel juga bisa menjadi pengganti yang sehat,” tambahnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.