Read Time:1 Minute, 25 Second

Jakarta – Cina urung menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola Asian Cup 2023 atau Piala Asia, gara-gara kondisi penyebaran Covid-19 di negara itu. Asian Football Confederation (AFC) pada Sabtu, 14 Mei 2022 mengkonfirmasi perihal ini dan akan memutuskan segera negara mana yang akan menggantikan posisi sebagai tuan rumah final Asian Cup 2023.

Asian Cup diselenggarakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh 24 tim nasional dari berbagai benua. Asian Cup 2023 seharusnya diselenggarakan di 10 kota di Cina pada 16 Juni – 16 Juli 2023.

“Asian Football Confederation sudah secara resmi dikabarkan oleh CFA (Chinese Football Association) bahwa tidak mungkin mereka menjadi tuan rumah AFC Asian Cup 2023. Kami mengetahui pengecualian yang disebabkan pandemi Covid-19 hingga mengarah pada pelepasan hak tuan rumah Cina,” demikian keterangan Asian Football Confederation.

Covid-19, Cina Resmi Kehilangan Kesempatan Jadi Tuan Rumah Piala Asia

Kabar ini menjadi trending topik media social di Cina, Weibo, pada Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam tempo kurang dari satu jam, berita perihal ini sudah dibaca hampir 60 juta kali.

Banyak pembaca yang mengartikan kebijakan nol kasus Covid-19 di Cina masih akan diberlakukan hingga tahun depan. Namun ada pula pembaca yang mempertanyakan bagaimana nasib 10 stadion yang dibangun atau direnovasi demi acara tersebut.

Asian Cup adalah acara olahraga internasional terakhir, yang terdampak upaya Cina mengatasi pandemi Covid-19. Sebelumnya pada awal bulan lalu, koordinator Asian Games untuk Olympic Council of Asia memutuskan menunda acara pesta olahraga tersebut, yang seharusnya di selenggarakan di Hangzhou, Cina, pada September 2022, namun ditunda sampai 2023.

Cina masih terus menerapkan kebijakan nol kasus Covid-19. Walhasil, kota-kota lain di penjuru Cina pun memberlakukan aturan yang sangat ketat setelah terjadi ledakan wabah varian Covid-19 omicron.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.