Read Time:1 Minute, 11 Second

Jakarta – Cina mempublikasi daftar anggota kabinet Hong Kong dalam pemerintahan yang baru, yang dipimpin John Lee. Rencananya, Lee akan akan dilantik pada 1 Juli mendatang atau bertepatan dengan peringatan 25 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris ke Cina.

Dalam daftar yang dipublikasi tersebut, terlihat posisi Kepala Keuangan Hong Kong tidak digeser atau tetap diduduki oleh Paul Chan. Sedangkan Paul Lam akan menggantikan posisi Teresa Cheng sebagai Kepala Kehakiman. Eric Chan akan menjadi Kepala Kabinet Hong Kong Wakil Lee.

Sejumlah media Hong Kong mewartakan Presiden Cina Xi Jinping diperkirakan akan menghadiri upacara pelantikan Lee di Hong Kong nanti. Akan tetapi, sejauh ini belum bisa dikonfirmasi apakah ada pemimpin senior daratan yang akan hadir.

Lee disahkan untuk menduduki jabatan tertinggi di Hong Kong pada Minggu, 8 Mei 2022 oleh sebuah komite yang terdiri dari para loyalis pro-Beijing. Kementerian Luar Negeri negara-negara G7 melalui pernyataan bersama yang dibagikan pada Senin, 9 Mei 2022, menyebut bahwa proses pemilihan kepala eksekutif baru di Hong Kong adalah sumber keprihatinan serius.
Dalam pernyataan tersebut, mereka menggarisbawahi kekhawatiran yang lebih luas akan kebebasan mendasar di bekas jajahan Inggris itu. Negara anggota G7 adalah Prancis, Jerman, Kanada, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.
Zhao Lijian Wakil direktur bidang Informasi dari Kementerian Luar Negeri Cina prihatin atas sikap negara-negara anggota G7 terkait proses pemilihan kepala eksekutif Hong Kong yang baru. Zhao menyebut gestur G7 merupakan suatu bentuk intervensi ke urusan dalam negeri China.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.