Wuling Binguo Sah Dapat Subsidi Mobil Listrik, Harga Turun Rp30 Jutaan

SGMW Motor Indonesia mengumumkan pada Jumat (13/1) bahwa mobil listrik kedua mereka, Wuling Binguo EV, mendapatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40 persen sehingga bisa mendapatkan subsidi mobil listrik dari pemerintah.

Mobil yang diproduksi di pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat ini telah menjalani proses verifikasi dari Surveyor Indonesia yang menyatakan TKDN Binguo EV sebesar 47,5 persen.

“Pencapaian ini tidak hanya menegaskan komitmen Wuling dalam mendukung industri otomotif nasional, namun juga menjadikan Binguo EV sebagai salah satu kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia dan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif PPN,” kata Dian Asmahani,” Sales and Marketing Director SGMW Motor Indonesia dalam keterangan resminya.

Harga turun Rp30 jutaan
Binguo EV kini mendapatkan subsidi mobil listrik dari pemerintah berupa potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen. Sehingga konsumen yang membeli mobil listrik subsidi ini hanya menanggung beban PPN sebesar 1 persen.

Harga Binguo EV telah diumumkan pada pertengahan Desember lalu, yaitu Rp358 juta untuk varian 333 kilometer (Long Range AC DC) dan Rp408 juta buat varian tertinggi 410 kilometer (Premium Range AC DC).

Harga kedua varian itu usai dipotong subsidi turun sekitar Rp30 jutaan, masing-masing Rp326 jutaan dan Rp372 jutaan. Banderol ini dinyatakan masih estimasi.

SGMW Motor Indonesia juga menyatakan ada varian baru Long Range AC yang menempati posisi paling bawah. Harga varian ini menjadi Rp317 jutaan setelah mendapatkan subsidi.

Binguo EV adalah mobil listrik pertama di Indonesia yang menawarkan garansi baterai seumur hidup. Bukan cuma baterai, Wuling juga memberi program garansi seumur hidup, Lifetime Core EV Component Warranty, yang meliputi drive motor dan motor control unit.

Syarat mendapatkan garansi itu adalah Binguo EV dimiliki pribadi sejak baru, jarak tempuh maksimal 30 ribu kilometer per tahun serta selalu dirawat berkala di bengkel resmi dan menggunakan suku cadang orisinal.

Binguo EV yang dikatakan SGMW Motor Indonesia punya biaya kepemilikan terjangkau Rp3,8 jutaan hingga 105 ribu kilometer ini didukung 150 jaringan dealer resmi di seluruh Indonesia.

Harga Binguo EV dengan subsidi:

– Long Range AC Rp348 juta menjadi Rp317 jutaan (selisih Rp31 juta)
– Long Range AC DC Rp358 juta menjadi Rp326 jutaan (selisih Rp32 juta)
– Premium Range AC DC Rp408 juta menjadi Rp372 jutaan (selisih Rp36 juta)

SUMBER:CNN