Viral Sopir Bajaj Qute Diusir dari Kontrakan Berujung Kontroversi

JOKERBOLA– Viral di media sosial video soal sopir Bajaj Qute diusir dari rumah kontrakannya. Video ini menyita perhatian netizen.

Video berdurasi pendek itu awalnya merupakan rekaman video milik akun TikTok @istrii.sholehah yang diunggah pada Minggu (20/1/2024). Dalam video itu, tampak seorang sopir Bajaj Qute yang panik ketika menerima telepon dari istrinya.

 

Dari percakapan yang terekam, sopir Bajaj Qute kaget karena keluarganya diusir dari rumah kontrakan lantaran telat bayar.

“Kita kan sudah lama ngontrak di tempat Ibu,” kata sopir Bajaj Qute.

Sang ibu pemilik kontrakan justru tidak memberikan kesempatan untuk sopir Bajaj Qute dan keluarganya tetap tinggal.

“Iya Ma, dia enggak mau? Ya sudah sekarang saya pulang nih,” kata sopir Bajaj Qute.

Kesedihan semakin menjadi karena sopir Bajaj Qute itu tidak punya uang cukup untuk membayar kontrakan. Ia hanya punya uang Rp75.000.

Kejadian itu yang diunggah pemilik akun TikTok @istrii.sholehah dengan caption yang penuh simpati.

“Gemetar banget lihat bapaknya nangis. Gak kuat dapat info dari istrinya Ya Allah,” tulis pemilik akun TikTok @istrii.sholehah.

Video itu beredar cepat dengan cepat hingga ke platform media sosial lainnya, termasuk X.

Hanya saja dari situ justru terungkap banyak testimoni dari perspektif berbeda. Banyak pengguna X yang mengaku pernah melihat sopir Bajaj Qute itu. Mereka bahkan ada yang pernah menggunakan jasanya.

Dari situ terungkap, sopir Bajaj Qute itu sudah beberapa kali menerima telepon dari istrinya yang seolah-olah diusir dari kontrakan.

“Loh kak saya juga pernah ini naik bapak ini, terus lagi di jalan beliau ditelpon kayak gini. Persis banget,” tulis pemilik akun X @odengsay.id.

“Ehm barusan lewat juga video bapak ini sama juga istrinya diusir dari kontrakan katanya, tapi penumpangnya lain,” tulis akun X @chaz.

Sejumlah pengakuan itu membuat netizen terbelah. Ada yang kecewa karena sopir Bajaj Qute itu memanfaatkan kebaikan orang lain dengan cerita sedih. Sementara itu, ada pula netizen yang merasa amal baik tidak perlu dijadikan perdebatan apa pun motif orang yang meminta pertolongan.

“Kata ayahku kalau mau sedekah aja gak perlu mikirin orang itu beneran kesusahan enggak ya? nipu enggak ya? Yang pentingn niatnya kita sudah baik niatnya sedekah. Enggak akan ngilangin pahala kita juga,” sitat pemilik akun X @lalaladalla.

Sementara pemilik akun TikTok @istrii.sholehah justru berupaya menemukan lagi sopir Bajaj Qute yang videonya dia unggah. Dia berharap jika bertemu, kisah sedih yang dia rekam saat naik Baja Qute itu bisa divalidasi.

Namun, selama tiga hari mencari, pengunggah video pertama itu justru belum bertemu dengan sopir Bajaj Qute yang bikin heboh jagad maya.

“Terima kasih atas niat baik teman-teman. Sampai hari ketiga ini saya masih belum bertemu dengan beliau. Saya mohon maaf sebesar-besarnya,” tulis pemilik akun TikTok @istrii.sholehah.

Di saat yang sama dia juga mengumuman agar niatan penggalangan dana untuk sopir Bajaj Qute itu dihentikan. Pasalnya dia memang tidak bisa mempertanggungjawabkan kebenaran cerita sopir Bajaj Qute itu.

Sumber: Wahyu Sibarani, MNC portal