Ulang Tahun Ke-75, MotoGP Minta 11 Tim Pakai Corak ‘Jadul’ di Seri Inggris

JOKERBOLA – Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP resmi mengumumkan bahwa 11 tim peserta kelas para raja akan menggunakan livery atau corak motor vintage di Seri Silverstone, Inggris, pada 2-4 Agustus 2024. Hal ini dilakukan demi merayakan ulang tahun MotoGP yang ke-75.

Ajang Grand Prix balap motor pertama kali digelar pada 17 Juni 1949 lewat Grand Prix Isle of Man TT di Sirkuit Snaefell Mountain, Inggris, yang dimenangkan oleh Harold Daniel. Gelar dunia GP500 1949 pun disabet oleh pembalap asal Inggris, Leslie Graham. AJS mengakhiri musim sebagai juara dunia konstruktor.

Kini, kelas GP500/MotoGP telah melahirkan 28 juara dunia, mulai dari Graham sampai sang juara terbaru, Pecco Bagnaia. Giacomo Agostini masih menjadi pembalap bergelar GP500/MotoGP terbanyak dengan 8 gelar dunia, diikuti Valentino Rossi dengan 7 gelar dunia, dan Marc Marquez dengan 6 gelar dunia.

Momen Bersejarah di MotoGP

MotoGP pun merayakan ulang tahunnya yang ke-75 sepanjang musim 2024. Salah satu hal yang mereka lakukan demi memeriahkannya adalah dengan meminta 11 tim peserta mengenakan corak motor ikonis mereka dari masa lampau ketika menjalani MotoGP Inggris pada 2-4 Agustus 2024 nanti.

Ini akan menjadi momen bersejarah di MotoGP. Pasalnya, ini akan menjadi momen perdana seluruh tim kelas tertinggi memakai corak spesial pada pekan balap yang sama. Sebelumnya, tim-tim peserta hanya mengenakan corak spesial di seri-seri tertentu yang bermakna khusus bagi mereka.

Podiumnya Juga Bakal Bertema Tempo Dulu

Corak-corak ‘jadul’ mereka akan dipamerkan kepada publik secara bersamaan dalam gelaran Day of Champions di pitlane Sirkuit Silverstone pada Kamis, 1 Agustus 2024, sebelum pekan balap digelar. Peluncuran corak-corak ini juga akan disiarkan secara langsung di MotoGP.com.

Tak cuma tim-tim MotoGP yang bakal bertema ‘jadul’. Dalam rilisnya di situs resmi kejuaraan, Dorna Sports menyatakan bahwa BMW M Safety Car juga akan mengenakan corak retro, dan upacara podium di Seri Inggris nanti juga akan bertema tempo dulu.

SUMBER: Anindhya Danartikanya, Bola.net