Sejarah Tercipta! Timnas Indonesia untuk Kali Pertama Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

JOKERBOLA – Timnas Indonesia berhasil mencatat sejarah baru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Skuad Garuda berhasil lolos untuk pertama kalinya ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kepastian itu didapatkan Skuad Garuda setelah mengalahkan Filipina pada hari Selasa (11/6/2024). Gol Thom Haye dan Rizky Ridho memastikan Timnas Indonesia meraih tiga poin atas Filipina.

Tambahan tiga poin ini membuat Timnas Indonesia mengoleksi total 10 poin dari enam pertandingan di grup F. Itu membuat Skuad Garuda mengamankan status sebagai runner up grup F.

Dengan kemenangan itu, Timnas Indonesia akan menemani Timnas Irak untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertama Kalinya dalam Sejarah

Keberhasilan Timnas Indonesia untuk lolos ini merupakan sejarah baru bagi sepak bola Indonesia. Karena ini pertama kalinya Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Timnas Indonesia tidak pernah mencapai babak ini sepanjang sejarah. Timnas Indonesia kebanyakan selalu tersisih di putaran pertama dan putaran kedua.

Alhasil ini menjadi catatan yang bagus untuk perkembangan sepak bola Indonesia.

Penantian 39 Tahun

Keberhasilan Timnas Indonesia untuk lolos ke babak ketiga ini melampaui catatan terbaik Timnas Indonesia pada 39 tahun yang lalu.

Pada saat itu Timnas Indonesia mengikuti kualifikasi Piala Dunia 1986 zona Asia. Tergabung di grup 3B, Skuat Garuda berhasil menjadi juara grup dan lolos ke babak kedua.

Namun di babak kedua, Timnas Indonesia berhadapan dengan lawan kuat, yaitu Korea Selatan. Pada saat itu, pertandingan digelar dalam format dua leg.

Di leg pertama, Indonesia kalah 2-0 di markas Korea Selatan, sementara di leg kedua Indonesia kalah dengan skor 1-4 di SUGBK.

Kapan Timnas Indonesia Bermain Lagi?

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia baru digelar tiga bulan lagi, tepatnya pada tanggal 5 September 2024.

Nantinya 18 tim yang lolos terbagi dalam tiga grup. Dua tim terbaik di masing-masing grup akan lolos Piala Dunia 2026. Sementara peringkat tiga dan keempat akan bertanding di babak keempat.

SUMBER: Serafin Unus Pasi, Bola.net