Ribuan Anggota Desa Bersatu Nantikan Kehadiran Gibran di Indonesia Arena

JOKERBOLA– Ribuan kader dari 8 organisasi yang tergabung dalam Desa Bersatu di seluruh Indonesia menghadiri acara silaturahmi nasional di Indonesia Arena, GBK, Jakarta, Minggu, 19 November 2023. Dikabarkan, Cawapres Gibran Rakabuming Raka akan menghadiri acara ini.

Koordinator Nasional Desa Bersatu Asri Anas mengatakan sebenarnya pihaknya berkomunikasi dengan semua capres-cawapres. Ia juga mengatakan mengundang Capres Prabowo Subianto, namun yang terkonfirmasi akan hadir Gibran saja. “Hari ini kami menghadirkan Mas Gibran sebagai tokoh muda inspiratif,” katanya kepada wartawan.

Asri mengatakan Desa Bersatu mencari sosok pemimpin yang peduli dengan desa. Sebab itu, pihaknya menyebutkan beberapa poin yang diharapkan bisa diakomodir oleh capres-cawapres.

“Pertama reformasi tata kelola desa, dana desa Rp 5 miliar pertahun bersifat afirmatif, evaluasi pendamping desa, memperbaiki kesejahteraan kepala desa, perangkat desa dan seluruh organisasi yang mendukung. Kami juga minta peningkatan kapasitas aparatur desa. Nah poin-poin itu kelihatannya Prabowo-Gibran,” katanya.

Asri mengaku tak memperdulikan jani-janji Capres, melainkan peduli pada siapa yang peduli dengan desa. Ia pun tak menampik adanya aturan dalam organisasi penggerak desa perihal kegiatan kampanye di Pemilu

“Juga ada batasannya. Ada regulasi UU-nya di mana kami tak bisa disebut deklarasi. Tetapi sudahlah para pengurus desa ini kalau mau mendukung pasti mendukung penuh tidak perlu harus deklarasi,” ujar Asri.

Pantauan Tempo, para peserta mulai memadati Indonesia Arena sejak siang. Para kepala desa dan pengurus Apdesi dari berbagai wilayah itu mengenakan seragam putih.

“Ini memang acara rutin tahunan, dan sekarang hampir dihadiri oleh 15 ribu kepala desa dan 6-7 ribu ketua DPD dan perangkat desa. Ada 8 organisasi desa yang ikut,” kata Asri.

Sementara berdasarkan Pasal 280 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), kepala desa, perangkat desa, dan anggota badan permusyawaratan desa dilarang menjadi pelaksana/tim kampanye paslon capres-cawapres.

Dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, kepala dan perangkat desa yang terlibat dalam kampanye juga dikenai sanksi administratif teguran lisan/tertulis.

Wakil Menteri Desa Diduga Urus Kemenangan Prabowo-Gibran
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Paiman Raharjo, diduga memimpin rapat membahas dukungan kepada calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka. “Bapak-ibu kita menindaklanjuti rapat yang kedua. Kita sudah sepakat membantu Mas Gibran untuk memenangkan pemilu (pemilihan umum) di 2024,” kata Paiman, dalam sebuah video pendek yang diterima Tempo, pada Senin, 30 Oktober 2023.

Paiman terlihat duduk mengenakan kaus dan topi berwarna merah. Ia didampingi tiga orang di sisi kiri dan kanan. Adapun sejumlah tamu meriung di depannya. Para tamu itu duduk di meja bundar sambil mencicipi hidangan di meja-meja mereka.

Mantan Rektor Universitas Prof. Moestopo itu juga menjelaskan kepada tamu bahwa, hasil rapat itu akan dilaporkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno. “Setelah rapat hasilnya apa, saya akan sampaikan kepada Pak Pratikno dan Pak Jokowi,” tutur Paiman.

Paiman bercerita, perkembangan terbaru hasil rapat pun sudah disampaikan kepada Gibran, Wali Kota Surakarta. “Jadi bapak-ibu supaya cepat kami ingin kesepakatan kembali. Kita membentuk Ketua OC (komite organisasi) dan Ketua SC (panitia acara),” tutur dia.

Sumber: TEMPO