Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Skotlandia di Euro 2024

JOKERBOLA – Timnas Skotlandia diperhitungkan sebagai tim kuda hitam di Euro 2024. The Tartan Army akan memulai perjalanan mereka di Euro 2024 dengan menantang Jerman, Sabtu 15 Juni 2024 nanti.

Euro 2024 ini merupakan kali keempat Timnas Skotlandia lolos ke turnamen antar negara elit Eropa ini. Namun catatan mereka di turnamen ini kurang apik.

Dari tiga keikutsertaan mereka, Skotlandia mentok hanya bermain di fase grup. Di Euro 2020 kemarin, mereka harus rela menjadi juru kunci grup D setelah meraih satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Namun di Euro 2024 ini Skotlandia siap tampil beda. Memiliki materi pemain yang jauh lebih matang jika dibandingkan di Euro 2020 kemarin, pasukan Steve Clarke siap mengguncang gelaran elit ini.

The Tartan Army tergabung di grup A bersama Jerman, Swiss dan Hungaria. Meski mendapatkan lawan-lawan yang kuat, Scott McTominay dkk akan mencoba untuk mengukir sejarah dengan setidaknya mereka mencoba lolos ke fase gugur di turnamen ini.

Pemain Bintang: Andy Robertson

Pemain yang bakal memainkan peran vital di skuat Timnas Skotlandai di Euro 2024 tidak lain adalah Andy Robertson.

Robertson adalah pemain dengan caps terbanyak di timnas Skotlandia saat ini dengan total 71 caps. Itulah mengapa ia dipercaya menjadi sosok kapten The Tartans Army di Euro 2024.

Sebagai bek, Robertson dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik di EPL. Ia mampu membantu serangan dengan baik, di mana ia memiliki umpan-umpan silang yang akurat, dan juga ia punya kemampuan bertahan yang baik. Ia akan jadi otak dari pertahanan Timnas Skotlandia di Euro 2024.

Profil Pelatih: Steve Clarke

Di Euro 2024 kali ini, Timnas Skotlandia akan kembali dikomandoi oleh Steve Clarke.

Clarke sudah memasuki tahun kelimanya sebagai manajer Timnas Skotlandia. Mantan asisten pelatih Chelsea itu sudah mempersembahkan satu trofi juara untuk The Tartans Army, yaitu trofi UEFA Nations Leagues B.

Di Piala Dunia 2022 kemarin, Clarke mampu membawa Timnas Skotlandia ke babak playoff. Namun sayang mereka kalah dari Ukraina di babak semifinal.

Di babak kualifikasi Euro 2024 ini, Clarke mampu membawa timnas Skotlandia lolos ke putaran final. Menarik ditunggu bagaimana racikan taktik Clarke di turnamen ini.

Skuat Final Timnas Skotlandia

Kiper: Angus Gunn (Norwich City), Liam Kelly (Motherwell), Zander Clark (Heart of Midlothian)

Bek: Anthony Ralston (Celtic), Andrew Robertson (Liverpool), Grant Hanley (Norwich City), Kieran Tierney (Arsenal), Jack Hendry (Al-Ettifaq), Ryan Porteous (Watford), Liam Cooper (Leeds United), Ross McCrorie (Bristol City), Greg Taylor (Celtic), Scott Mckenna (FC Copenhagen)

Gelandang: Scott McTominay (Manchester United), John McGinn (Aston Villa), Callum McGregor (Celtic), Ryan Christie (Bournemotuh), Billy Gilmour (Brighton&Hove Albion), Stuart Armstrong (Southampton), Ryan Jack (Rangers), Kenny McLean (Norwich City)

Penyerang: Lawrence Shankland (Heart of Midlothian), Che Adams (Southampton), Lewis Morgan (New York Red Bulls), Tommy Conway (Bristol City), James Forrest (Celtic)

Pelatih: Steve Clarke

Jadwal Pertandingan Timnas Skotlandia di Euro 2024

15 Juni 2024
02.00 WIB Jerman vs Skotlandia (Allianz Arena)

20 Juni 2024
02.00 WIB Skotlandia vs Swiss (RheinEnergieStadion)

24 Juni 2024
02.00 WIB Skotlandia vs Hungaria (MHPArena)

SUMBER: Serafin Unus Pasi, Bola.net