Perjalanan Spanyol dan Inggris ke Final Euro 2024: Satu Menang Meyakinkan, Satunya Terseok-seok tapi Sampai Final

JOKERBOLA – Laga Spanyol vs Inggris bakal jadi penutup Euro 2024 yang sempurna. Dua tim kuat ini bertemu di final. Pertandingan diprediksi berlangsung sengit. Spanyol lebih unggul, tapi Inggris terbukti sebagai lawan alot.

Kamis 11 Juli 2024, duel semifinal kedua dimainkan di Signal Iduna Park. Kali ini, Inggris berhasil mencetak gol di injury time untuk mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

Sebelumnya, Rabu 10 Juli 2024, Spanyol juga menang dengan skor 2-1 atas Prancis. Kemenangan Spanyol masih lebih meyakinkan. Sejauh ini, Spanyol masih jadi favorit juara utama.

Nah duel final Euro 2024 bakal menyuguhkan laga top Spanyol vs Inggris. Pertandingan ini bakal ditunggu-tunggu. Jutaan pasang mata fans sepak bola di seluruh dunia bakal menyaksikan.

Laga final kali ini akan dimainkan pada Senin 15 Juni 2024 jam 02.00 dini hari WIB. Lantas, siapakah tim yang lebih unggul jika melihat performa mereka di enam laga sebelumnya?

Perjalanan Spanyol ke Final Euro 2024

Spanyol adalah tim terbaik di Euro 2024 sejauh ini. Mereka menyapu bersih semua pertandingan sampai ke final, yaitu enam kemenangan, mencetak 13 gol, dan baru kebobolan 3 kali.

Kualitas skuad Spanyol tidak perlu diragukan lagi. Mereka juga punya pemain-pemain terbaik di setiap lini. Bahkan, Spanyol punya pemain muda berbakat yang jadi fenomena besar di Euro 2024 sejauh ini: Lamine Yamal.

Berbeda dengan Inggris, Spanyol sangat meyakinkan sampai ke final. Mereka terus merangkai kemenangan, termasuk mengalahkan tim-tim kuat seperti Italia, Jerman, dan Prancis. Berikut rincian perjalanan Spanyol:

Juara Grup B  
Spanyol 3-0 Kroasia
Spanyol 1-0 IItalia
Albania 0-1 Spanyol

Babak 16 besar  
Spanyol 4-1 Georgia

Babak 8 besar  
Spanyol 2-1 Jerman

Semifinal  
Spanyol 2-1 Prancis

Perjalanan Inggris ke Final Euro 2024

Inggris cukup kesulitan mencapai performa terbaiknya di Euro 2024. Mereka memang berhasil melaju sampai final, tapi bukan berarti segalanya berjalan mudah dan mulus.

Di fase grup, Inggris secara ajaib mampu finis sebagai juara Grup C dengan 5 poin saja. Mereka hanya menang satu kali, dua kali imbang.

Lalu, di fase gugur, Inggris beruntung punya pemain-pemain seperti Jude Bellingham, Bukayo Saka, dan Harry Kane. Pemain-pemain bintang ini selalu ada ketika dibutuhkan, mencetak gol krusial atau kontribusi lainnya.

Terbaru, di semifinal, Inggris menyingkirkan Belanda lewat gol di ujung laga. Pergantian pemain lagi-lagi jadi kunci kemenangan The Three Lions. Berikut rincian perjalanan Inggris:

Juara Grup C  
Serbia 0-1 Inggris
Denmark 1-1 Inggris
Inggris 0-0 Slovenia

Babak 16 besar  
Inggris 2-1 Slovakia

Babak 8 besar  
Inggris 1-1 Swiss (Pen. 5-3)

Semifinal  
Belanda 1-2 Inggris

Jadwal Final Euro 2024

Spanyol vs Inggris   

Olympiastadion, Berlin
Senin, 15 Juli 2024
02.00 WIB
Siaran langsung: RCTI
Live streaming: Vision+

SUMBER : Richard Andreas,Bola.net