MU Ada Modal Jemawa ke Man City dan Arsenal: Kok Bisa Ada Tim yang Kalah dari Aston Villa?!

Manchester United memang tim unik. Di laga yang seharusnya bisa dimenangi, MU biasanya justru berakhir kalah. Sebaliknya, ketika tidak diunggulkan, eh MU memetik kemenangan mengejutkan.

Terbaru, Rabu (27/12/2023) dini hari WIB, MU meladeni Aston Villa di Old Trafford dalam duel boxing day Premier League 2023/2024. Pertandingan ini krusial bagi kedua tim.

MU wajib menang untuk memutus tren negatif. Villa, andai menang, bisa menggeser Liverpool di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2023/2024.

Laga berlangsung sengit, Villa unggul dua gol lebih dahulu melalui John McGinn (21′) dan Leander Dendoncker (26′). MU lantas bangkit di babak kedua lewat aksi Alejandro Garnacho (59′, 71′) dan Rasmus Hojlund (82′).

Menang atas Aston Villa
Aston Villa adalah kuda hitam di Premier League musim ini. Bahkan skuad Unai Emery digadang-gadang bisa jadi juara kejutan, sama seperti kisah Leicester City beberapa tahun lalu.

Di pertandingan tadi, Villa lebih diunggulkan. Apalagi mereka memang punya tren positif saat menghadapi tim-tim dari the big six musim ini.

Villa sudah mengalahkan Chelsea, Manchester City, Arsenal, dan Tottenham. Karena itu wajar jika mereka diunggulkan atas MU yang lebih tidak konsisten.

Nah dalam situasi seperti ini, MU justru membuat kejutan, mematahkan ekspektasi negatif, dan meraih kemenangan.

Modal sombong MU
Kemenangan atas Villa ini seharusnya bisa jadi modal jemawa MU terhadap klub-klub rival. Bahkan Man City dan Arsenal yang dianggap dua tim terkuat musim ini pun harus gugur di hadapan skuad Emery.

MU hampir kalah, ketinggalan dulu 0-2, tapi kemudian bisa bangkit di babak kedua untuk come back 3-2. Jelas skuad MU boleh percaya diri.

Fans Setan Merah juga bisa sedikit menyombong: Kok bisa ada tim kalah dari Aston Villa? Faktanya memang tim-tim the big six pernah jadi korban Villa.

Catatan Aston Villa musim ini:

Chelsea 0-1 Aston Villa
Aston Villa 1-0 Man City
Aston Villa 1-0 Arsenal
Tottenham 1-2 Aston Villa

Kebiasaan aneh MU
Kemenangan atas Villa ini pun membuktikan kebiasaan aneh MU di bawah Ten Hag. Entah mengapa, ketika diprediksi bakal main buruk dan kalah, MU justru bisa membuat kejutan.

Kasus ini terjadi beberapa pekan lalu. MU bertandang ke Anfield menghadapi Liverpool. Di atas kertas, Liverpool harusnya menang besar dengan mudah, tanpa kendala.

Anehnya, MU bisa main cukup baik. Bertahan mati-matian untuk memaksakan hasil imbang 0-0. Bagi Liverpool, meski imbang, rasanya seperti kalah.

Sebaliknya, di laga yang seharusnya bisa dimenangi, seperti duel kontra West Ham pekan lalu, MU justru keok 0-2. Tanpa perlawanan.

Kini harus konsisten
Sekarang tantangan untuk skuad Erik ten Hag adalah menggunakan kemenangan ini sebagai modal untuk bermain lebih baik di laga-laga berikutnya. MU belum bisa konsisten musim ini.

“Anda juga harus menganalisis alasannya [tidak bisa konsisten]. Kami sering mengubah-ubah tim dan tidak bisa rutin. Kami tahu sepak bola adalah soal performa solid dan konsistensi,” ujar Ten Hag.

“Namun, kami tahu kami harus lebih baik lagi. Saya yakin ketika ada lebih banyak pemain yang tersedia [pulih cedera], khususnya di posisi-posisi kunci, kami akan bermain lebih konsisten,” tutupnya.

Susunan pemain
Manchester United (4-2-3-1): Andre Onana; Aaron Wan-Bissaka, Jonny Evans, Raphael Varane, Diogo Dalot; Kobbie Mainoo (81′ Scott McTominay), Christian Eriksen (90+3′ Daniel Gore); Marcus Rashford (80′ Antony), Bruno Fernandes, Alejandro Garnacho (90+4′ Hannibal Mejbri); Rasmus Hojlund (89′ Willy Kambwala)

Pelatih: Erik Ten Hag

Aston Villa (4-4-1-1): Emiliano Martinez; Ezri Konsa, Diego Carlos, Clement Lenglet, Lucas Digne (50′ Alex Moreno); Leon Bailey (77′ Nicolo Zaniolo), John McGinn (86′ Jhon Duran), Douglas Luiz, Jacob Ramsey (77′ Moussa Diaby); Leander Dendoncker (86′ Tim Iroegbunam); Ollie Watkins

Pelatih: Unai Emery

Hasil Premier League 2023/2024
Pekan ke-19
Selasa, 26 Desember 2023

Newcastle 1-3 Nottm Forest
Sheffield United 2-3 Luton Town
Bournemouth 3-0 Fulham

Rabu, 27 Desember 2023

Burnley 0-2 Liverpool
Man United 3-2 Aston Villa

Kamis, 28 Desember 2023

02.30 WIB – Chelsea vs Crystal Palace
02.30 WIB – Brentford vs Wolves
03.15 WIB – Everton vs Man City

Jumat, 29 Desember 2023

02.30 WIB – Brighton vs Tottenham
03.15 WIB – Arsenal vs West Ham

SUMBER:Bolanet