Michael Owen Sarankan Xabi Alonso Tolak Tawaran Latih Liverpool: Jadi Suksesor Jurgen Klopp Sangat Sulit

JOKERBOLA – Michael Owen menyarankan Xabi Alonso tolak tawaran melatih Liverpool untuk menjadi suksesor Jurgen Klopp. Eks pemain Manchester United itu menilai sang mantan gelandang akan dalam masalah besar jika memutuskan berlabuh ke The Reds.

Alonso saat ini tengah diburu oleh klub besar Eropa seperti Bayern Munich dan Liverpool. Kedua tim ini tertarik karena pelatih berusia 42 tahun itu sukses menyulap Bayer Leverkusen menjadi sangat perkasa di musim ini. Die Werkself sedang memimpin klasemen Liga Jerman dengan koleksi 64 poin.

Bayern ingin mendatangkan Alonso untuk menggantikan sosok Thomas Tuchel yang akan hengkang di akhir musim ini. Liverpool juga sedang mencari suksesor Klopp karena akan hengkang pada akhir musim nanti.

Liverpool sendiri kabarnya menjadikan Alonso sebagai target utama mereka. Karenanya, pelatih Bayer Leverkusen itu dirasa sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Klopp.

Namun begitu, Owen tidak menyarankan Alonso memilih Liverpool walau itu adalah mantan klubnya. Pria asal Inggris ini justru lebih mendukung sang pelatih mengasuh Bayern Munich. Hal itu berdasarkan pengalaman kepelatihannya yang dinilai masih seumur jagung.

“Ini adalah dilema besar bagi Xabi Alonso. Real Madrid adalah kemungkinan lain di masa depan, kecuali dia bertahan di Leverkusen maka ini akan menjadi pertarungan langsung antara Liverpool dan Bayern dan Anda dapat melihat pro kontranya,. Dia belum lama menjadi pelatih jadi saya pikir pilihan yang lebih aman adalah pergi ke Bayern Munich,” kata Owen, dilansir dari Goal International, Jumat (8/3/2024).

Eks striker Timnas Inggris itu menyatakan Liverpool adalah langkah yang berbahaya bagi Alonso. Sebab, ia akan langsung mengemban tugas berat dengan menjadi suksesor Klopp yang saat ini sedang membawa klubnya Berjaya.

“Liverpool adalah langkah yang berbahaya. Menjadi suksesor Jurgen Klopp akan sangat sulit. Mereka tidak bermain dengan gaya permainan Xabi Alonso saat ini memainkan gaya yang berbeda, jadi mungkin tidak mudah untuk melakukan konversi,” ujar Owen.

“Dia mungkin hanya seorang manajer hebat yang bisa melatih dengan cara yang berbeda. Tapi kita telah melihat Sir Alex Ferguson di Manchester United dan Arsene Wenger di Arsenal dan bagaimana klub-klub tersebut mengalami banyak penderitaan,” lanjutnya.

“Kami sekarang punya periode kesuksesan yang berkelanjutan di Liverpool di bawah Klopp dan manajer berikutnya tidak bisa melakukan lebih baik dari itu, jadi mungkin satu-satunya jalan adalah terpuruk? Ini adalah langkah yang berbahaya dan beresiko, dan langkah ke Bayern Munich adalah pilihan yang aman,” tandas Owen.

SUMBER: Andika Rachmansyah, MNC Portal