Mengintip Varian Formasi Real Madrid Bersama Kylian Mbappe: Trio VRM Ngeri!

JOKERBOLA – Berikut variasi formasi Real Madrid dengan hadirnya penyerang baru yakni Kylian Mbappe.

Madrid akhirnya mendapatkan pemain yang telah mereka incar sejak lama. Mereka resmi memperkenalkan Mbappe ke publik pada Selasa (16/07/2024).

Hadirnya Mbappe tentu saja menjadi tambahan amunisi yang sangat luar biasa bagi Madrid. Sebab ia merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini.

Mbappe juga akan membuat lini serang Madrid jadi makin mengerikan. Ia bakal berkolaborasi dengan pemain seperti Vinicius Jr, Jude Bellingham, Rodrygo, hingga Fede Valverde.

Seperti apa variasi taktik Madrid dengan Mbappe? Berikut ulasannya Bolaneters.

4-3-3

Kylian Mbappe merupakan pemain serba bisa. Ia sering bermain di pos penyerang tengah tapi bisa juga dimainkan di pos sayap kiri maupun kanan, dan kadang sebagai second striker.

Dalam formasi 4-3-3, Mbappe akan tetap dimainkan sebagai penyerang tengah. Ia akan diapit oleh Vinicus Jr di kiri dan Rodrygo di kanan dan terciptalah trio VRM.

Bermain di posisi aslinya, Mbappe harusnya akan bisa mencetak banyak gol. Pada musim 2023/2024 kemarin di PSG, ia mencetak total 44 gol dari 48 laga.

Dari 48 laga itu ia bermain sebagai penyerang tengah sebanyak 27 kali. Di posisi tersebut ia menghasilkan gol yang sama banyaknya dengan jumlah penampilannya yakni 27 gol.

4-1-2-1-2

Formasi ini merupakan formasi diamond alias berlian. Carlo Ancelotti pernah mengandalkan taktik ini di AC Milan.

Dalam formasi ini, Kylian Mbappe tak akan bermain sendirian di depan. Ia akan ditemani oleh Vinicius Jr.

Lalu di pos gelandang serang, akan ada Jude Bellingham. Taktik ini tentunya membuat Mbappe harus berkompromi dengan Vinicius plus Bellingham dalam urusan mencetak gol.

4-4-2

Dalam formasi ini, Kylian Mbappe kembali tak sendirian. Ia akan ditemani lagi oleh Vinicius Jr.

Keduanya tentu saja akan mendapat lebih sedikit tugas dalam bertahan. Mbappe dan Vinicius akan membuat barisan pertahanan lawan, khususnya dua bek tengah, bakal terus sibuk.

Formasi ini juga menghadirkan keseimbangan bagi tim yang suka melakukan serangan balik. Skema ini memiliki jumlah pemain yang harus dipertahankan dalam blok yang padat dan dalam untuk memancing lawan maju, akan tetapi ada cukup pemain di tengah untuk memulai serangan balik dan terhubung dengan pemain-pemain di depan.

4-1-4-1

Dalam formasi ini, Kylian Mbappe akan tetap berada di depan. Akan tetapi ia akan bermain sendirian.

Dengan skema ini Madrid bisa mendominasi penguasaan bola dan mendominasi lapangan tengah. Atau mereka bisa juga memilih lebih banyak bertahan dan kemudian melancarkan serangan balik.

Opsi terakhir bisa tetap mematikan bagi lawan Madrid. Dengan kecepatan yang dimiliki Mbappe, mereka bisa mencetak gol dengan mudah.

Minusnya, Vinicius Jr bisa saja tak dimainkan. Atau ia dipaksa bermain sebagai gelandang kiri.

4-4-1-1

Dalam formasi ini, ada tiga alternatif di lini serang. Kylian Mbappe bisa jadi penyerang tengah.

Kemudian di belakangnya, ia akan ditopang oleh Vinicius Jr. Namun bisa juga sebaliknya.

Namun bisa juga pemain di posisi gelandang serang/second striker maju ke depan. Formasi bisa berubah menjadi 4-4-2.

4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1 ini sepertinya akan jadi formasi yang ideal bagi Real Madrid. Sebab El Real akan bisa memaksimalkan potensi lini serang yang mereka miliki.

Kylian Mbappe akan memimpin lini serang Madrid. Ia akan ditopang Jude Bellingham di pos gelandang serang.

Di kiri, ada Vinicius Jr dan di kanan akan ada Rodrygo. Lawan pastinya bakal terus dipaksa bertahan dalam formasi ini.

SUMBER : Dimas Ardi Prasetya,Bola.net