Memori Pahit Final Liga Champions Terakhir Borussia Dortmund: Kalah di Wembley

JOKERBOLABorussia Dortmund akan melawan Real Madrid di final Liga Champions 2023/2024. Pertandingan Madrid vs Dortmund di Wembley ini akan kick-off Minggu, 2 Juni 2024, jam 02:00 WIB.

Sebelum ini, Dortmund baru pernah dua kali masuk final. Yang pertama adalah pada edisi 1996/1997 silam.

Waktu itu, wakil Jerman tersebut berhadapan dengan Juventus di Olympiastadion, Munchen. Mereka menang 3-1. Karl-Heinz Riedle menyarangkan dua gol, dan Lars Ricken menyumbang satu gol, sedangkan gol semata wayang Juventus dicetak oleh Alessandro Del Piero.

Dortmund pun meraih gelar Liga Champions pertama mereka, sekaligus satu-satunya hingga sekarang.

Dortmund sebenarnya berkesempatan menambah koleksi gelar Liga Champions mereka menjadi dua setelah mencapai final edisi 2012/2013. Namun, final itu menjadi memori pahit buat mereka. Marco Reus dan kawan-kawan, yang waktu itu dilatih Jurgen Klopp, dipaksa menyerah kalah.

Sama seperti edisi tahun ini, final terakhir Dortmund tersebut juga digelar di Wembley.

Final Wembley 2013: Dortmund vs Bayern

Terakhir kali Dortmund mencapai final Liga Champions adalah pada tahun 2013. Di final waktu itu, Dortmund melakoni duel Der Klassiker melawan sang rival Bayern Munchen.

Di semifinal, Dortmund menyingkirkan Real Madrid dengan agregat 4-3 (4-1 kandang, 0-2 tandang). Empat gol Robert Lewandowski dalam kemenangan 4-1 Dortmund pada leg pertama di Signal Iduna Park waktu itu sukses mencuri perhatian dunia.

Sementara itu, Bayern menyingkirkan rival abadi Madrid, yakni Barcelona.Bayern menang 4-0 pada leg pertama di kandang, kemudian menang 3-0 pada leg kedua di Camp Nou. Tim asuhan Jupp Heynckes unggul agregat telak 7-0.

Banyak pihak mengharap El Clasico antara Madrid vs Barcelona di final musim itu. Namun, yang tersaji adalah Der Klassiker antara Dortmund vs Bayern.

Dortmund Kalah 1-2 di Final

Dalam partai final di Wembley, Dortmund dipaksa menyerah oleh Bayern. Di laga Der Klassiker itu, Dortmund kalah 1-2.

Gol pembuka Mario Mandzukic menit 60 sempat disamakan oleh Dortmund melalui penalti Ilkay Gundogan menit 68. Namun, gol Arjen Robben menit 89 memastikan Bayern menang dan keluar sebagai juara.

Marco Reus dan Mats Hummels Kembali ke Wembley

Dari final 2013 itu, ada dua pemain Dortmund yang masih bertahan hingga sekarang. Dua pemain itu adalah Marco Reus dan Mats Hummels.

Musim ini, Reus sudah mencetak dua gol untuk Dortmund di Liga Champions. Sementara itu, Hummels mencetak gol tunggal ke gawang PSG di leg kedua babak semifinal.

11 tahun setelah kekalahan pahit Bayern, Reus dan Hummels akan kembali ke Wembley untuk melakoni final lainnya. Kali ini, lawannya bukan Bayern, melainkan Madrid. Madrid sendiri lolos ke final usai menyingkirkan Bayern di babak sebelumnya.

Bagi Reus, laga final kontra Madrid di Wembley nanti sekaligus akan menjadi laga terakhirnya berseragam Dortmund. Apakah akan ada akhir manis buat Reus?

SUMBER: Gia Yuda Pradana, Bola.net