Manchester United Sulit Bersaing di Liga Champions

 

Manchester United sulit bersaing di Liga Champions sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013 lalu. Dalam sedekade terakhir, Setan Merah mulai akrab dengan Liga Europa dan sempat meraih satu gelar juara.

Pada masa Ferguson, lolos ke Liga Champions merupakan rutinitas bagi Manchester United. Bahkan, MU pernah tiga kali lolos final dalam empat tahun, yaitu pada periode 2007/2008 hingga 2010/2011. Saat itu Setan Merah juara pada 2008, dengan mengalahkan Chelsea di final.

Namun, setelah Ferguson pensiun, Manchester United harus berjuang keras untuk lolos ke Liga Champions di setiap musim. Bahkan, MU pernah sekali gagal melenggang ke kompetisi Eropa karena hanya finis ketujuh di Premier League.

Berkiprah di Liga Champions bukan lagi menjadi rutinitas. Manchester United beberapa kali harus puas bersaing di kompetisi level dua Eropa, yaitu Liga Europa.

Di tengah periode naik-turun yang ditandai dengan pergantian pemain mulai David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, kemudian hingga kini ditangani Ole Gunnar Solskjaer, MU juga mencicipi satu gelar di Eropa.

Raihan gelar di Eropa itu diraih pada masa Jose Mourinho. Red Devils berhasil meraih trofi Liga Europa pada musim 2016/2017.

Namun, setelah itu Manchester United paceklik gelar di kompetisi Benua Biru. Terakhir, langkah MU kandas di semifinal Liga Europa setelah takluk 1-2 dari Sevilla, Senin (17/8/2020) dini hari WIB.

 

SUMBER : BOLANET