Maarten Paes Bakal Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2024?

Maarten Paes berpeluang bisa membela Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2024 mendatang. Sebab perjalanan Maarten Paes bersama FC Dallas di Major League Soccer (MLS) mungkin berakhir pada Oktober 2024.

PSSI baru saja memastikan bahwa Maarten Paes bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Kiper berusia 26 tahun itu sebenarnya sudah mendapat status WNI pada akhir April 2024 lalu.

Proses Maarten Paes bisa membela Timnas Indonesia sempat terganjal status FIFA soal batas usia. Namun, lewat proses banding yang diajukan ke CAS, PSSI menang dan Maarten Paes bisa bermain untuk Skuad Garuda.

Maarten Paes bisa bermain saat Timnas Indonesia berjumpa Arab Saudi dan Australia, September 2024. Lalu, pada akhir tahun, Maarten Paes mungkin bisa bermain di Piala AFF 2024.

Jadwal FC Dallas dan Piala AFF 2024

MLS memakai sistem satu kalender untuk satu musim kompetisi, berbeda dengan di Eropa maupun di Indonesia. Musim 2024 dimulai pada Februari dan akan berakhir pada Desember 2024.

MLS sendiri dibagi menjadi dua format yakni musim reguler dan babak play-off. Musim regular akan berakhir pada 19 Oktober nanti.

Jadi, jika FC Dallas tidak lolos ke babak play-off, maka musim mereka berakhir pada Oktober 2024. Sementara, jika lolos babak play-off, musim FC Dallas akan berakhir pada 7 Desember 2024.

Piala AFF 2024 awalnya akan digelar pada 23 November hingga 21 Desember 2024. Namun, kabar terbaru turnamen antarnegara ASEAN itu akan dimainkan pada 9 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Maarten Paes Bisa Dipanggil ke Piala AFF 2024

Situasi yang dihadapi Maarten Paes bisa jadi berbeda dengan pemain-pemain Timnas Indonesia yang abroad di Eropa. Sebab, seperti yang dijelaskan di atas, kalender MLS berbeda dengan kompetisi di Eropa.

Pada Desember 2024 dan Januari 2025, MLS memasuki fase libur pergantian musim. Jadi, Maarten Paes terbuka untuk agenda bersama Timnas Indonesia.

Hanya saja, jika FC Dallas lolos ke babak play-off dan terus melaju ke fase akhir, jadwalnya akan sangat mepet dengan agenda Piala AFF. Jadi, ada kemungkinan Maarten Paes melewatkan beberapa laga awal Skuad Garuda.

Timnas Indonesia Pakai Pemain U-22 di Piala AFF

Maarten Paes memang berpeluang dimainkan di Piala AFF 2024 nanti. Jadwal yang ada memungkinkan kiper berusia 26 tahun itu untuk membela panji Garuda. Namun, PSSI mungkin memilih jalan lain.

PSSI telah memutuskan Timnas Indonesia pada level untuk fokus pada laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sementara, di Piala AFF 2024, PSSI berencana mengirim pemain U-22.

“Senang bisa kembali bertemu coach Shin Tae-yong yang sudah sehat, dan siap kembali bekerja. Kami juga mulai membahas persiapan Piala AFF dan SEA Games dengan mempersiapkan timnas U-22. Bismillah timnas bisa memberikan yang terbaik,” tulis Erick Thohir di akun Instagram miliknya.

SUMBER:Bolanet