Legenda Bulu Tangkis Indonesia Jadi Warga Kanada

Ardy B Wiranata, legenda bulu tangkis Indonesia yang pilih jadi warga negara Kanada menarik untuk dibahas. Sebab keputusan Ardy kala itu sangatlah menguncang dunia bulu tangkis Tanah Air, mengingat ia pindah warga negara usai menyandang status sebagai salah satu pebulutangkis terbaik Indonesia.

Pebulutangkis bernama lengkap Ardy Bernardus Wiranata merupakan legenda tunggal putra bulu tangkis Indonesia yang berjaya di era 1990-an. Ia dikenal menjadi salah satu pemain Indonesia yang pernah meraih medali Olimpiade.

Tepatnya pria kelahiran Jakarta, pada 10 Februari 1970 itu menyumbang medali perak di ajang Olimpiade Barcelona 1992. Dari berbagai prestasi membanggakannya, medali perak Olimpiade itu jelas menjadi yang paling luar biasa.

Pada laga final tunggal putra cabang olahraga (cabor) bulu tangkis Olimpiade Barcelona 1992, Ardy gagal merebut medali emas karena kalah dari wakil Indonesia lainnya. Sosok yang dimaksud adalah Alan Budikusuma.

Alan Budikusuma memang menjadi rival utama Ardy di sektor tunggal putra dunia. Ardy pun pernah merasakan menduduki peringkat satu dunia di sektor tunggal putra BWF.

Ardy yang merupakan jebolan PB Djarum dan mulai berprestasi di dunia bulu tangkis pada akhir 1980-an. Ia menikmati masa kejayaannya pada era 1990-an dan memutuskan pensiun di 1998.

Sejak pensiun, Ardy pun sempat tinggal di Amerika Serikat dan menjadi pelatih di sana selama tiga tahun, dari 1998 sampai 2001. Lalu di 2001 Ardy pun bergeser ke Kanada dan masih menjadi pelatih bulu tangkis, bahkan sampai sekarang ini.

Barulah pada 2014 alias 10 tahun lalu, Ardy pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Kanada. Di Kanada, Ardy tinggal bersama istrinya, Elisabeth Tamzil dan putra satu-satunya, Shawn Wiranata

Sampai 2024 ini, Ardy diketahui masih aktif di klub bulu tangkis dan mengajarkan anak kecil hingga dewasa dalam bermain tepok bulu tersebut.

 

SUMBER : OKEZONE.COM