Kontingen Indonesia Di Kapal Pembukaan Olimpiade

Olimpiade Paris 2024 telah resmi dibuka. Kontingen Indonesia turut serta dalam parade pembukaan menyusuri Sungai Seine dengan 14 orang atlet dan ofisial.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade Musim Panas, Upacara Pembukaan tidak diadakan di stadion. Paris 2024 melakukannya di jantung kota di sepanjang jalur utamanya: Sungai Seine. Opening ceremony nan unik ini berlangsung pada Sabtu (27/7/2024) dini hari WIB. 10.500 atlet naik ke atas kapal untuk melintasi Sungai Seine sepanjang 6 kilometer.

Indonesia berada satu kapal dengan dua negara lain, yakni India dan Iran. Total ada 14 orang atlet dan ofisial Indonesia yang berada di atas kapal.

Pejudo Indonesia, Maryam March Maharani terpilih menjadi pembawa bendera Indonesia dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024. Ini sekaligus menandai kembalinya Judo ke ajang Olimpiade, setelah terakhir kalinya Indonesia ikut ambil bagian dalam cabang olahraga Judo pada Olimpiade 2012 atau dua belas tahun yang lalu.

Ada 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan berlaga dalam Olimpiade 2024 Paris. Jumlah ini lebih banyak dari Olimpiade Tokyo sebelumnya, yakni 28 atlet. Dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Olimpiade selama dua puluh tahun terakhir, jumlah atlet terbanyak yang pernah dikirim Indonesia adalah 38 atlet di Olimpiade Athena 2004

SUMBER : DETIKSPORT