Klasemen 12 Besar Calon Peraih Ballon d’Or 2024: Maaf Bellingham dan Vinicius, Ini Tahunnya Rodri dan Carvajal!

JOKERBOLA – Persaingan Ballon dOr 2024 mengerucut setelah Euro 2024 dan Copa America 2024 usai digelar. Pemain dari Spanyol dan Argentina punya peluang cukup besar untuk meraih Ballon d’Or 2024.

Spanyol jadi juara Euro 2024, menang 2-1 atas Inggris di final. Sukses itu membuat nama Rodri dan Dani Carvajal bersaing untuk gelar Ballon d’Or 2024. Apalagi, mereka tampil bagus pada level klub.

Hal yang sama terjadi di kubu Argentina yang jadi juara Copa America 2024. Sang bomber, Lautaro Martinez, bersaing untuk Ballon d’Or 2024. Lautaro punya dua gelar top skor, Serie A dan Copa America.

Namun, berdasarkan pada power ranking yang dibuat GOAL, tidak ada nama Lionel Messi dan Emi Martinez dalam daftar 12 besar kandidat peraih Ballon d’Or 2024. Lantas, siapa saja kandidat peraih gelar Ballon d’Or tahun ini?

12. Lamine Yamal

Posisi: Penyerang
Usia: 17 tahun
Klub: Barcelona
Negara asal: Spanyol

Lamine Yamal benar-benar ajaib. Pada usia yang baru 17 tahun, dia sudah berada di top level sepak bola Eropa. Lamine Yamal jadi pemain kunci Spanyol saat meraih gelar juara Euro 2024.

Lamine Yamal juga tampil bagus bersama Barcelona. Meskipun tidak memberikan gelar juara pada Blaugrana, Lamine Yamal layak dapat apresiasi. Total, Lamine Yamal bikin 10 gol dan 18 assist musim ini.

11. Florian Wirtz

Posisi: Gelandang
Usia: 21 tahun
Klub: Bayer Leverkusen
Negara asal: Jerman

Florian Wirtz punya andil besar pada kisah heroik Bayer Leverkusen musim 2023/2024. Mereka meraih gelar juara Bundesliga dan DFB Pokal. Leverkusen juga tidak kalah pada 52 laga domestik beruntun.

Florian Wirtz mencetak 21 gol dan 21 assist pada musim 2023/2024. Namun, kegagalan membawa Jerman meraih gelar juara Euro 2024 jadi kendala bagi Florian Wirtz untuk bersaing lebih jauh di Ballon d’Or.

10. Nico Williams

Posisi: Winger
Usia: 21 tahun
Klub: Athletic Bilbao
Negara asal: Spanyol

Masuk dalam 10 besar kandidat peraih gelar Ballon d’Or jadi capaian penting bagi Nico Williams. Apalagi, dia ‘hanya’ bermain untuk Athletic Bilbao.

Namun, Williams dan Bilbao punya musim yang luar biasa. Mereka mampu meraih gelar juara Copa del Rey. Williams lantas melejit karena tampil bagus bersama Spanyol di Euro 2024. Williams bikin gol di final dan membawa Spanyol juara.

9. Phil Foden

Posisi: Gelandang
Usia: 24 tahun
Klub: Manchester City
Negara asal: Inggris

Phil Foden seperti punya dua wajah. Phil Foden adalah pemain super ketika bermain di Man City. Sedangkan, saat membela Timnas Inggris, Phil Foden sulit mencapai level yang sama.

Phil Foden meraih tiga gelar pada musim 2023/2024: Premier League, Piala Dunia Antarklub, dan UEFA Super Cup. Semua diraih bersama Man City. Phil Foden juga mencetak 28 gol dan 12 assist.

8. Harry Kane

Posisi: Penyerang
Usia: 30 tahun
Klub: Bayern Munchen
Negara asal: Inggris

Harry Kane berharap bisa meraih trofi dengan pindah ke Bayern Munchen. Namun, harapan itu gagal terwujud. Harry Kane juga gagal juara Euro 2024 karena kalah di final.

Namun, pada level individu, Harry Kane tampil sangat memukau. Harry Kane konsisten mencetak gol. Dia bikin 52 gol dan 14 assist. Namun, capaian individu itu belum cukup untuk meraih Ballon d’Or.

7. Kylian Mbappe

Posisi: Penyerang
Usia: 26 tahun
Klub: PSG/Real Madrid
Negara asal: Prancis

Pada level individu, Mbappe tampil luar biasa. Dia mencetak 52 gol dan 21 assist sepanjang musim 2023/2024. Mbappe juga meraih gelar juara Ligue 1, Coupe de France, dan Trophee des Champions.

Namun, ada tolok ukur gagal dipenuhi Mbappe untuk setidaknya masuk lima besar kandidat peraih Ballon d’Or. Mbappe tidak mampu meraih hasil optimal di top level yakni Liga Champions dan Euro 2024.

6. Toni Kroos

Posisi: Gelandang
Usia: 34 tahun
Klub: Real Madrid
Negara asal: Jerman

Toni Kroos punya peluang meraih Ballon d’Or, sekaligus menutup karier dengan skenario terbaik. Namun, dia tidak mampu membawa Jerman meraih gelar juara di Euro 2024.

Meskipun begitu, Toni Kroos tetap punya catatan impresif pada musim terakhirnya sebagai pemain profesional. Toni Kroos membawa Real Madrid meraih gelar juara La Liga, Liga Champions, dan Supercopa de Espana.

5. Lautaro Martinez

Posisi: Penyerang
Usia: 26 tahun
Klub: Inter Milan
Negara asal: Argentina

Lautaro jadi top skor di Copa America 2024 dengan catatan lima gol. Lautaro juga jadi top skor Serie A dengan 24 gol. Lautaro jadi salah satu penyerang terbaik musim 2023/2024.

Pada level kolektif, Lautaro juga punya capaian bagus. Lautaro meraih gelar scudetto Serie A dan Supercoppa Italia. Selain itu, Lautaro juga membawa Argentina juara Copa America 2024.

4. Dani Carvajal

Posisi: Bek kanan
Usia: 32 tahun
Klub: Real Madrid
Negara asal: Spanyol

Awalnya, tidak banyak yang menjagokan Dani Carvajal masuk dalam kandidat peraih Ballon d’Or. Namun, setelah Euro 2024 usai, Carvajal dianggap layak mendapat apresiasi.

Carvajal membantu Spanyol jadi juara Euro 2024. Dia jadi wakil kapten Spanyol di Euro 2024. Jangan lupa, Carvajal juga meraih gelar juara La Liga dan Liga Champions bersama Real Madrid. Musim yang fantastis!

3. Jude Bellingham

Posisi: Gelandang
Usia: 21 tahun
Klub: Real Madrid
Negara asal: Inggris

Bellingham tampil konsisten sepanjang musim 2023/2024. Dia mencetak 27 gol dan bikin 17 assist sepanjang musim. Bellingham juga meraih gelar La Liga dan Liga Champions.

Capaian Bellingham di Euro 2024 juga cukup bagus. Dia membawa Inggris melaju ke final. Namun, kekalahan dari Spanyol di final diyakini membawa dampak pada peluang Bellingham memenangkan Ballon d’Or.

2. Vinicius Junior

Posisi: Winger
Usia: 24 tahun
Klub: Real Madrid
Negara asal: Brasil

Vinicius tampil luar biasa pada musim 2023/2024. Dia mencetak 26 gol dan 13 assist. Vinicius membawa Real Madrid meraih dua trofi penting, La Liga dan Liga Champions.

Hanya saja, Vinicius tidak mampu berbuat banyak di Copa America 2024. Langkah Brasil terhenti di babak 8 Besar. Faktor ini membuat peluang Vinicius meraih Ballon d’Or mengecil.

1. Rodri

Posisi: Gelandang
Usia: 28 tahun
Klub: Manchester City
Negara asal: Spanyol

Rodri menjalani tahun yang luar biasa, pada level klub maupun tim nasional. Rodri meraih gelar juara dan menunjukkan performa yang konsisten.

Rodri memenangkan Premier League, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antarklub bersama Man City. Juara Euro 2024 jadi capaian paling baru. Rodri juga jadi pemain terbaik Euro 2024. Rodri benar-benar layak meraih Ballon d’Or 2024.

SUMBER: Asad Arifin, Bola.net