Kesiapan Tim Medis Menyambut Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

Persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023 makin dioptimalkan. Bukan hanya pada aspek venue dan fasilitas penunjang pertandingan, akan tetapi juga aspek penting lainnya seperti kesiapan tim medis.

Pada hari Senin (16/10/2023) lalu, digelar rapat antara tim FIFA dengan kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Rapat itu secara khusus membahas kesiapan dari aspek medis.

Dinas Kesehatan Jawa Barat ambil bagian pada rapat tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Vini Adiani, memastikan bahwa pihaknya sudah siap untuk mendukung kegiatan Piala Dunia U-17 2023.

“Dinkes Jabar bersama Dinkes Kabupaten Bandung, Dinkes Kota Bandung dan Dinkes Kabupaten Sumedang siap mendukung penyelenggaraan FIFA U17 dengan penyiapan Pos Medis, Tenaga Medis, Obat-Obatan dan Perbekes serta penyiapan RS Rujukan,” kata Vini Adiani.

Siapkan Rumah Sakit Rujukan

Vini Adiani memastikan bahwa pihaknya akan membuka puluhan titik pos kesehatan selama Piala Dunia U-17 2023 berlangsung. Jumlah tenaga kesehatan yang berjaga juga sudah disiapkan.

Beberapa rumah sakit juga sudah ditunjuk untuk jadi rujukan selama gelaran Piala Dunia U-17 2023. Rumah sakit tersebut antara lain RS Santosa Kopo, RSHS, RSUD Kota Bandung, dan RS Otto Iskandar Dinata.

Lalu, ada juga pos kesehatan yang ditempatkan di tempat latihan untuk tim-tim peserta Piala Dunia U-17 2023. Pos-pos kesehatan tersebut berada di Stadion Sidolig, Lapangan IPDN, Lapangan UNPAD, Lapangan ITB dan Stadion Arcamanik.

“Selain itu post medis juga akan ada di hotel tempat menginap yaitu 3 lokasi hotel meliputi Pullman, Crown dan Trans Luxury. Kebutuhan medis yang disiapkan terdiri dari ambulans, perawat dan supir,” ucap Vini Adiani.

Sumber: Jabarprov.go.id