Kelakuan Ryan Garcia Hina Islam

Oscar De La Hoya Geram melihat kelakuan Ryan Garcia yang baru-baru ini ketahuan menghina agama Islam sampai perkataan rasisme terhadap kulit hitam. Oscar kesal karena dirinya adalah promotor tinju Ryan Garcia.

Ya, Oscar berperan penting atas keberhaslan Ryan Garcia di dunia tinju. Semenjak Ryan Garcia menjadi petinju profesional, promotor yang memperkenalkan petinju berusia 25 tahun itu adalah Golden Boy Promotions, yang mana perusahaan itu merupakan milik Oscar De La Hoya.

Jadi, wajar jika Oscar marah karena salah satu petinju yang ia bantu besarkan justru kini berulah dan melakukan tindakan tidak terpuji. Oscar pun mengutuk keras sikap rasisme dan penghinaan Ryan Garcia terhadap agama Islam.

Meski begitu, Oscar tetap akan memberikan dukungan terhadap Ryan Garcia untuk memperbaiki kesalahan yang sudah ia perbuat tersebut. Hanya saja Oscar meminta Ryan Garcia untuk fokus memperbaiki namanya yang kini sudah sangat tercoreng.

Tidak ada ruang untuk kebencian atau intoleransi di perusahaan saya. Titik. Saya mengutuk kata-kata Ryan (Garcia) sekuat mungkin,” ujar Oscar, dikutip dari posting-an instagram stories @oscardelahoya, dikutip Senin (8/7/2024).

“Saya melihat dia telah meminta maaf, dan itu adalah sebuah permulaan. Namun ini hanyalah permulaan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dan rasa hormat dan tugas ada terus mendukungnya,” tambahnya.

“Kami berharap Ryan akan menggunakan waktu yang dia saat tidak berolahraga (jadwal tinju), untuk mengatasi masalah yang telah dia diskusikan secara publik. Kami siap membantu dengan cara apa pun yang kami bisa,” lanjut Oscar.

Sebelumnya, Garcia dikecam karena awalnya membahas ingin membunuh orang-orang kulit hitam. Ia bahkan mendukung kelompok pendukung supremsi kulit putih Amerika yang anti kulit hitam, yakni Ku Klux Klan (KKK).

Selanjutnya Garcia menghina Islam. Ia tepatnya menghina youtuber Amerika Serikat, Sneako yang merupakan seorang mualaf dan ikut hadir dalam sebuah forum space X

Buntut penghinaan itu, World Boxing Council (WBC) pun memutuskan mengeluarkan Garcia pada Kamis 4 Juli 2024 kemarin. Perlu diketahui, WBC merupakan salah satu dari empat organisasi besar penyelenggara pertandingan profesional tinju dunia.

SUMBER : OKEZONE.COM